Sunday 19 January 2014

Berwisata Menengok Keindahan dan Legenda Air Terjun Benang Setokel Lombok Tengah


backpacker-wisata.blogspot.com

Air Terjun Benang Setokel adalah salah satu wisata air terjun yang ada di Lombok Tengah. Air terjun dengan ketinggian sekitar 30 meter ini memilki dua buah terjunan yang mana pada bagian bawahnya membentuk kolam kecil sebagai tampungan dari jatuhan air yang dapat digunakan untuk berenang maupun mandi oleh para wisatawan.

Menurut arti dari bahasa masyarakat sekitar Setokel mempunyai arti kata segumpal benang. Nama ini digunakan oleh air terjun ini karena air terjun benang setokel memiliki bentuk seperti benang yang di ikat menjadi satu.

Tidak jauh dari air terjun benang setokel ini terdapat pula sebuah air terjun yang bernama air terjun benang kelambu. Kedua air terjun ini sebenarnya berasal dari sumber mata air yang sama. Jadi jika kita hendak berwisata kesini maka kita akan dapat langsung menikmati keindahan dua air terjun sekaligus, yaitu air terjun Setokel dan air terjun benang kelambu. Jarak dari kedua air terjun tersebut tidaklah terlalu jauh, hanya sekitar satu kilometer.

Sebagaimana dengan air terjun yang lainya, air terjun setokel juga memiliki legenda yang beredar dimasyarakat. Menurut cerita masyarakat sekitar, air terjun ini merupakan sebuah tempat untuk membersihkan diri atau tempat mandi bagi Dewi Anjani. Dewi Anjani adalah makhluk gaib yang dipercaya masyarakat pulau Lombok sebagai penunggu gunung rinjani.

Konon dikabarkan bahwa pada saat-saat tertentu Dewi Anjani akan turun dari gunung rinjani untuk mandi maupun membersihkan rambutnya di air terjun ini. kaena itulah maka banyak masyarakat yang mempercayai bagi siapa saja yang memiliki masalah dengan rambut akan sembuh jika mau membersihkan atau mencuci rambutnya di air terjun benang setokel ini.

Selain itu jalur antara benang setokel dan gunung rinjani dulunya juga sering digunakan sebagai jalur pendakian bagi orang-orang yang katanya sakti dan ingin mencari keberkahan maupun keselamatan dengan bersemadi ke gunung rinjani. Karena itulah maka sampai saat ini masih ada sebagian masyarakat yang menggunakan jalur air terjun benang setokel ini untuk naik ke gunung rinjani.

No comments:

Post a Comment