Wednesday 22 January 2014

Keindahan Wisata Air Terjun Benang Kelambu Lombok Tengah

backpacker-wisata.blogspot.com

Pernahkah anda mendengar nama air Terjun Benang Kelambu. Air Terjun Benang Kelambu adalah salah satu tempat wisata yang ada di pulau Lombok, atau lebih tepatnya berada pada sebuah dusun yang bernama Pemotoh, desa Aik Berik yang berada pada kecamatan Batu Kelian Utara yang menjadi wilayah dari kabupaten Lombok Tengah.

Jika kita menuju air terjun Benang Kelambu ini dari kota Mataram maka kita akan memerlukan waktu sekitar 45 menit karena jarak tempuh dari Mataram sekitar 25 km ke arah utara. Jika anda hendak berwisata ke air terjun ini maka anda sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi maupun sewaan dikarenakan belum adanya jalur angkutan umum yang menuju ke arah air terjun Benang Kelambu ini.

Keadaan jalan untuk menuju ke air terjun ini kurang terlalu bagus, walaupun jalan yang menuju kesana sudah beraspal namun masih banyak kita temui lubang-lubang yang akan mengganggu kenyamanan perjalanan kita. Selain itu kurangnya penunjuk arah yang menuju ke air Terjun Benang Kelambu ini juga sering menyebabkan banyak wisatawan yang tersesat.
Sebenarnya arah untuk menuju ke air terjun Benang Kelambu searah dengan jalan menuju ke air terjun Benang  Setokel, karena letak dari kedua air terjun tersebut tidaklah terlalu jauh. Air terjun Benang Kelambu ini sebenarnya berada pada bagian atas dari air terjun Benang Setokel.

Kurang lebih 50 m dari air terjun Setokel ada jalan setapak yang lumayan terjal jadi para wisatawan sebaiknya berhati-hati jika melewati jalan tersebut. Jalan itulah yang menuju ke arah air Terjun Benang Kelambu. Jalan setapak tersebut memiliki panjang kurang lebih satu kilometer sebelum akhirnya kita akan sampai pada air terjun Benang Kelambu.
Air terjun ini memang terlihat sangat mirip denga tirai atau kelambu, karena itulah dinamakan dengan air terjun Benang Kelambu. Air terjun ini mengalir di sela-sela pepohonan Gambung dengan enam buah titik aliran air sehingga terlihat mirip dengan kelambu.

No comments:

Post a Comment