Thursday 23 January 2014

Pesona Wisata Ke Pulau Gili Trawangan, Gili Meno Dan Gili Air

backpacker-wisata.blogspot.com

Ada tiga buah pulau yang saling berdekatan dibagian sebelah barat laut Lombok yang disebut dengan nama Gili Trawangan, Gili Meno dan yang paling akhir adlah Gili air. Dari ketiga pulau Gili yang paling besar adalah Gili Trawangan, Pulau yang satu ini mempunyai luas sekitar 3 km dengan fasilitas yang paling memadai jika dibandingkan dengan dua pulau lainya yaitu Gili Meno dan Gili Air.

Di Pulau Gili Trawangan sering sekali diadakan pesta pada waktu malam yang biasanya diadakan secara bergantian oleh penyedia tempat hiburan yang ada di pulau tersebut. Para wisatawan yang berkunjung ke pulau ini biasanya akan disuguhi dengan kegiatan snorkeling, scuba diving, berselancar dan berkuda mengelilingi pulau Gili Trawangan dan menikmati keindahanya.
Keunikan yang terdapat pada pulau ini adalah tidak adanya kendaraan bermotor, sehingga polusi yang ada di pulau ini sangat rendah. Selain pada Gili Trawangan aturan tersebut juga berlaku untuk kedua pulau lainya yaitu Gili Meno dan Gili Air. Angkutan yang ada di pulau ini hanya sepeda dan cidomo yang merupakan kereta khas yang sering kita jumpai dipulau Lombok. 

Menurut cerita bahwa pada awalnya pulau Gili trawangan, Gili Meno dan Gili Air ini merupakan tempat pembuangan napi karena penjara yang ada di Pulau Lombok telah penuh. Hingga akhirnya datang para pendatang yang berasal dari wilayah Sulawesi yang kemudian bermukim dan menetap di Pulau Gili tersebut.

Pada pulau Gili Meno kita bisa menemukan taman burung dengan berbagai koleksi burung langka yang ada di Indonesia maupun dari berbagai belahan dunia yang lainya. Gili meno merupakan pulau yang terkecil diantara ketiga pulau tersebut, selain itu pulau ini juga terletak diantara kedua pulau Gili lainya yaitu diantara Gili Trawangan dan Gili Air. Keunikan wisata yang terdapat di Pulau Gili Meno ini adalah adanya danau garam.

Sedangkan Gili Air merupakan pulau Gili yang terdekat dengan Pulau Lombok. Karena itu penduduk yang ada pada Gili Air tergolong yang paling banyak jika kita bandingkan dengan Gili Trawangan maupun dengan Gili Meno. Budaya yang ada juga lebih beragam karena adanya keragaman suku yang terdapat pada pulau Giliu Air ini.

Jika kita hendak berwisata ke Pulau Lombok maka ada baiknya pula jika kita juga menjadikan pulau Gili ini sebagai tujuan wisata utama selain pulau Lombok. Keindahan panorama pantai maupun keindahan alam yang terdapat pada pulau Gili Trawangan, Gili Meno maupun Gili Air pasti tidak akan mengecewakan anda.

No comments:

Post a Comment