Monday 20 January 2014

Nikmatnya Sate Bulayak, Wisata Kuliner Khas Pulau Lombok


backpacker-wisata.blogspot.com

Jika kita berwisata ke Pulau Lombok untuk menikmati keindahan panorama pantai maupun pemandanganya maka akan kurang lengkap rasanya jika kita tidak mencicipi makanan khas yang ada di pulau Lombok tersebut. Salah satu makanan khas yang harus dicicipi oleh wisatawan yang berkunjung ke pulau ini adalah sate bulayak.

Sate bulayak ini sebenarnya berasal dari Lombok bagian barat atau lebih tepatnya dari kecamatan Narmada. Sate bulayak ini adalah sate yang terbuat dari daging sapi dan bulayak atau semacam lontong namun dibungkus dengan menggunakan daun kelapa. Tiap porsi dari sate bulayak pada umumnya selalu terdiri dari satu piring sate yang berisi irisan daging sapi yang biasanya terdiri dari sekita 15 tusuk sate, sepiring bulayak, serta sepiring bumbu sambal.

Jika pada masa lampau sate bulayak selalu terbuat dari daging sapi maka masa sekarang sate ini dibuat dengan lebih bervariasi. Bukan hanya daging sapi yang menjadi bahan utamanya namun ada juga yang sekarang menggunakan daging ayam ataupun jerohan. Untuk sate bulayak yang memakai bahan jerohan maka jerohan yang akan dijadikan sate harus direbus terlebih dahulu.

Sedangkan untuk sate bulayak yang menggunakan bahan daging ayam ataupun daging sapi hanya perlu langsung direndam pada bumbu dasar. Tahap selanjutnya adalah sate akan dibakar diatas bara arang yang menggunakan arang dari bahan batok kelapa. Setelah sate bulayak tersebut matang akan diletakan diatas sambal dan dikucuri dengan menggunakan perasan air jeruk nipis.
Sedangkan untuk bumbu sate yang digunakan dalam penyajian sate bulayak tergolong mirip dengan bumbu sate pada umumnya, yaitu sambal kacang yang disangrai terlebih dahulu kemudian ditumbuk yang selanjutnya direbus dengan menggunakan santan serta irisan cabe merah.
Jika anda sedang berwisata atau hendak berkunjung ke Pulau Lombok sebaiknya jangan lupa untuk menyempatkan diri menikmati sajian khas dari pulau Lombok ini yaitu sate bulayak.

No comments:

Post a Comment