Saturday 18 January 2014

Berwisata Melihat Keindahan Gili Lampu Lombok Timur


backpacker-wisata.blogspot.com

Jika kita berwisata atau berkunjung ke pulau Lombok tepatnya ke Lombok Timur maka ada baiknya jika kita juga singgah untuk menikmati keindahan air terjun Jeruk Manis atau yang pada Berwisata Melihat Keindahan Gili Lampu Lombok Timur

Gili Lampu merupakan salah satu tujuan wisata yang ada di wilayah Lombok Timur. Nama gili sendiri sebenarnya memiliki arti pulau sedangkan lampu adalah penerang. Jika merujuk pada arti dari kedua kata tersebut maka kita mungkin akan membayangkan bahwa gili lampu merupakan sebuah pulau tempat wisata yang dipenuhi dengan lampu-lampu sebagai penerang.

Namun bayangan kita ternyata keliru, karena gili lampu adalah sebuah pulau kecil yang memiliki sebuah mercusuar sebagai rambu-rambu lalu lintas bagi pelayaran laut yang ada disekitarnya. Menurut salah satu tokoh masyarakat setempat lampu mercusuar itu telah ada sejak dahulu kala, yaitu sejak jaman Jepang pernah menduduki Indonesia.

Gili lampu ini tepatnya berada diwilayah kecamatan Sambelia. Pada kisaran tahun 1970 an gili lampu ini sebenarnya hanya merupakan pulau yang menjadi persinggahan sementara bagi para nelayan sekitarnya yang sedang melaut untuk mencari ikan. Kemudian beranjak pada kisaran tahun 1980 an mulai terjadi perubahan pada gili lampu ini. masyarakat sekitar tidak hanya memanfaatkanya sebagai persinggahan saat mencari ikan saja, namun sudah mulai bergeser kearah bidang pariwisata.

Para warga sekitar gili lampu terutama yang berasal dari dusun Transad mulai mempunyai ketertarikan untuk mengembangkan potensi pariwisata pantai yang ada di gili lampu. Fasilitas pendukung untuk kegiatan rekreasai dan pariwisata mulai disediakan meskipun pada mulanya hanya alakadarnya.

Menginjak pada tahun 1990 an mulai ada penginapan maupun bungalow disekitar gili lampu. Hingga akhirnya sampai masa sekarang gili lampu bisa menjadi salah satu tujuan wisata yang cukup terkenal di Lombok Timur. Para wisatawan yang berkunjung ke gili lampu dapat menikmati sunrise dan sunset di tepi pantai pulau ini.

No comments:

Post a Comment