Friday 17 January 2014

Ke-elokan Wisata Air Terjun Jeruk Manis/Air Terjun Jukut Lombok Timur


backpacker-wisata.blogspot.com

Jika kita berwisata atau berkunjung ke pulauLombok tepatnya ke Lombok Timur maka ada baiknya jika kita juga singgah untuk menikmati keindahan air terjun Jeruk Manis atau yang pada umumnya juga disebut air terjun Jukut.

Air terjun dengan ketinggian sekitar 40 meter ini oleh masyarakat dikenal dengan nama Aik Temer. Lokasi dari air terjun Jukut atau air terjun Jeruk Manis ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Jadi jangan heran jika pemandangan yang ada disekitar lokasi wisata air terjun Jukut atau air terjun Jeruk Manis ini sangat mempesona karena keberadaanya yang ada di kaki gunung Rinjani.

Air terjun ini terletak pada sebuah desa yang bernama Kembang Kuning yang berada dalam wilayah kecamatan sikur dan termasuk dalam kabupaten Lombok Timur. Tidak jauh dari lokasi air terjun Jukut atau air terjun jeruk manis ini juga terdapat lokasi tempat wisata yang ada di kaki gunung Rinjani yaitu Tete Batu. Jarak kedua tempat wisata tersebut mungkin hanya sekitar 6 km, jadi jika anda berkunjung kesini sebaiknya juga sekalian berkunjung ke Tete Batu karena letaknya yang berdekatan.

Jika kita memulai perjalanan dari kota Mataram, maka kita akan memerlukan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan karena jarak antara Mataram dengan air terjun Jukut atau air terjun Jeruk Manis ini sekitar 50 km. Rute yang hatus dilalui dari Mataram untuk bisa sampai ke tempat wisata air terjun jukut atau air terjun Jeruk Manis adalah : Mataram kearah cakranegara kemudian menuju Narmada, Sedau, Mantang, Kopang, Terara, Sikur, Mas Bagik dan selanjutnya sampailah di Desa Kembang Kuning.

Akses untuk menuju tempat wisata air terjun ini juga tidak terlalu sulit karena sudah adanya angkutan yang bisa digunakan untuk menuju kesana. Jika kita telah sampai dipintu gerbang Taman Nasional Gunung Rinjani, maka perjalanan bisa kita lanjutkan dengan berjalan kaki yang melewati jalan setapak sepanjang 1,5 km.

1 comment:

  1. Kemaren sempat kesana, memang indah banget bro.
    Dan yang paling keinget itu adalah dinginnya bro.
    Brrrrrrrrrrrrr.... Asik banget

    ReplyDelete