Thursday 16 January 2014

Aik Kalak, Wisata Air Panas Di Kaki Gunung Rinjani


backpacker-wisata.blogspot.com

Siapa yang tidak kenal dengan nama gunung Rinjani yang sudah tersohor, bukan hanya masyarakat pulau Lombok saja yang mengenalnya namun juga kebanyakan masyarakat Indonesia sudah tidak lagi asing dengan nama gunung Rinjani. Gunung Rinjani banyak menarik wisatawan untuk berkunjung ke pulau Lombok.

Jika kita berkunjung ke gunung ini maka kita bisa menemukan sumber air panas yang ada disekitar lereng Gunung Rinjani. Aik Kalak adalah nama dari sumberair panas tersebut. Nama Aik Kalak bakanlah nama asing bagi sebagian besar masyarakat pulau Lombok. Sumber air panas tersebut dipercaya bahwa dulunya merupakan merupakan pemandian dari Jayengrana. Jayengrana merupakan tokoh utama dari pewayangan yang popular dikenal dikalangan Gumi Sasak.

Maka kita tidak perlu heran jika pemandian air panas Aik Kalak ini sering kali didatangi oleh para wisatawan dengan tujuan yang berbeda-beda. Aik Kalak diyakini memiliki kekuatan magis untuk pengobatan dan mampu meningkatkan daya tahan tubuh, karena itu jangan heran jika hampir setiap wisatawan yang datang selalu berendam pada kolam air panas ini.

Kolam air yang terdapat pada sumbermata air panas Aik Kalak ini ada dua buah dengan bentuk yang kurang beraturan. Untuk mencapai lokasi tempat wisata sumber air panas ini maka kita harus menempuhnya dengan berjalan kaki menelusuri kawasan hutan nasional. Jalurnya agak berliku dan naik turun sehingga kita perlu menyiapkan kondisi badan agar tetap fit saat diperjalanan.

Perjalan yang diperlukan untuk bisa mencapai sumber air panas Aik Kalak ini sekitar 7 atau 8 jam dari perkampungan terdekat. Jika kita berkemah disekitar sumber air panas Aik Kalak maka kita harus sedikit berhati-hati, karena sering ada gerombolan monyet yang biasanya akan usil dengan mencuri perbekalan kita.

No comments:

Post a Comment