Tuesday 11 February 2014

Gua Liang Bua Wisata Arkeologi Dari Pulau Flores

backpacker-wisata.blogspot.com

Gua Liang Bua adalah gua yang ada di wilayah Flores. Gua ini memiliki arti penting dalam arkeologi dunia. Di gua ini pernah ditemukan fosil manusia gua yang sampai sekarang disebut dengan nama Homo Floresiensis. Dari hasil penemuan namusia gua tersebut para ahli arkeologi menyimpulkan bahwa fosil tersebut memiliki tinggi sekitar 100 cm dengan berat hanya sekitar 25 kg. dari penemuan di Gua liang Bua tersebut diperkirakan bahwa manusia gua tersebut pernah hidup mendiami wilayah tersebut pada 13.000 tahun yang silam.

Gua Liang Bua ini tepatnya terletak pada desa yang bernama Liang Bua yang berada pada kecamatan Ruteng kabupaten Manggarai. Menuut para ahli gua ini telah terbuat sejak kurang lebih 190.000 tahun yang lalu. Hal tersebut merupakan simpulan dari hasil pengujian sampel sedimen yang diambil dari Gua Liang Bua. Gua ini merupakan hasil bentukan dari aliran arus sungai yang disertai bebatuan yang menembus bukit dengan memakan proses waktu yang sangat panjang.

Di tahun 2001 pernah diadakan ekskavasi arkeologi di gua liang bua antara Pusat Penelitan Arkeolgi Nasional dengan University Of New England yang ada di Australia. Hasil dari penelitan kedua belah pihak tersebut baru diumumkan pada tahun 2004 yang menyatakan bahwa telah ditemukan kerangka dari manusia cebol atau Hobbit di gua Liang Bua. Mulai saat itulah gua ini menjadi semakin terkenal dikalangan para wisatawan.

Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Gua Liang bua dapat mengambil akses dari Kupang menuju kota Ende yang ada di Pulau Flores dengan menggunakan pesawat dengan waktu tempuh kurang lebih satu setengah jam. dari kota Ende selanjutnya para wisatawan masih harus melanjutkan perjalananya menuju kearah kota Ruteng yang bisa ditempuh sekitar 4 jam dengan mengendarai minibus. Dari Ruteng desa Liang Bua hanya berjarak sekitar 13 km. para wisatawan juga tidak perlu terlalu bingung dengan masalah akomodasi karena di wilayah tersebut juga sudah terdapat rumah makan dan losmen untuk menginap.

No comments:

Post a Comment