Monday 19 December 2016

Wisata Goa Lowo Trenggalek, Goa Terpanjang di Asia Tenggara



Goa Lowo merupakan salah satu tujuan wisata yang ada dikabupaten trenggalek. Goa Lowo yang artinya adalah Goa Kelelawar ini berada pada desa watuagung kecamatan watulimo kabupaten trenggalek. Jalur yang harus diambil untuk mencapai gua lowo ini searah dengan jalur menuju pantai prigi maupun pantai karanggongso.

Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari jalan utama menuju pantai prigi atau pantai pasir putih menjadikan goa ini tidak sulit untuk dijangkau. Pertama kali saat goa lowo ditemukan lokasinya masih ditutupi oleh semak-semak dan rimbunya hutan kawasan tersebut. Karena pada saat ditemukan goa ini menjadi sarang kelelawar maka akhirnya goa ini dinamakan gua lowo.

Goa lowo pertama kali ditemukan pada tahun 1931 oleh seirang penduduk lokal bernama Lomedjo. Namun goa ini baru ditetapkan sebagai salah satu obyek wisata kabupaten trenggalek pada tahun 1983. Pada saat itu akhirnya didatangkan para ahli geologi ari prancis dan bogor yang bernama Dr. Robert K kho dan Gilbert Manthovani. Akhirnya berdasarkan penelitian dan penelusurab dua orang ahli geologi tersebut diketahui bahwa goa lowo memiliki panjang 2 km. 

No comments:

Post a Comment