Wednesday 21 December 2016

Wisata Telaga Buret Tulungagung



Telaga buret adalah salah satu tempat wisata yang ada dikabupaten tulungagung. Lokasi dari tempat wisata telaga buret ini berada pada desa sawo yang ada dalam wilayah kecamatan campurdarat kabupaten tulungagung. Telaga ini berjarak sekitar 25 km dari pusat kota tulungagung. Telaga dengan luas 100 meter persegi ini selalu mengeluarkan sumber air dari dalam tanah, meskipun kini debitnya semakin menurun.

Telaga buret ini merupakan telaga yang memiliki pengaruh besar pada beberapa desa disekitarnya semisal desa sawo, ngentrong, gedangan dan desa gamping. Keberadaan telaga ini tak lepas dari tradisi ulur-ulur yang selalu diadakan setiap tahun oleh desa yang ada disekitar telaga tersebut.

Tradisi ulur-ulur merupakan perwujudan dari rasa syukur kepada sang pencipta sekaligus agar desa-desa yang ada disekitar telaga tersebut selalu diberi keselamatan. Masyarakat dari sekitar telaga buret meyakini bahwa siapa saja yang tidak melakukan tradisi tersebut maka desanya akan terkena musibah. Acara ulur-ulur sendiri biasanya diadakan pada setiap jumat legi dibulan suro.

Diareal wisata telaga buret ini kita bida menikmati kesejukan taman yang memang masih asri. Ada pula air terjun yang tidak terlalu tinggi ditelaga ini. Lingkungan telaga buret ini juga merupakan habitat dari sekelompok kera yang memang telah lama mendiami wilayah tersebut.

No comments:

Post a Comment