Tuesday 23 September 2014

Wisata Sejarah Mengunjungi Makam Bung Karno Di Kota Blitar

http://backpacker-wisata.blogspot.com/

Siapa yang tidak kenal dengan Soekarnoyang merupakan presiden pertama dari Republik Indonesia. Soekarno juga seorang Proklamator yang telah memproklamirkan kemerdekaan Indonesia pada masa penjajahan Jepang. Jika anda sedang berkunjung ke kota Blitar maka jangan lupa untuk mampir dan berziarah kemakam presiden RI yang pertama ini. Makam beliau lebih tepatnya berada pada sebuah Desa yang Bernama Bendogerit yang ada dikecamatan Sanan Wetan kota Blitar.

Areal komplek pemakaman presiden Soekarno ini berada pada lahan seluas 1,8 hektar . Makam Bung Karno ini selain sebagai areal wisata juga adalah salah satu ikon yang dimiliki kota Blitar. Banyak para wisatawan yang berkunjung ke makam Soekarno untuk berziarah baik dari blitar sendiri maupun dari berbagai pelosok daerah yang ada dinusantara. Komplek makam tersebut untuk pertama kalinya mengalami pemugaran pada tanggal 21 Juni tahun 1970.

Sejak tahun 2004, ada berbagai pengembangan yang dilakukan pada komplek makam tersebut, diantaranya adalah pembangunan Museum dan Perpustakaan Bung Karno. Pada masa pengembangan komplek makam bung Karno tersebut, tim arsitek yang ditunjuk diketuai oleh Baskoro Tedjo dan Pribadi Widodo yang berasal dari ITB atau Institut Teknologi Bandung.

Jika kita hendak memasuki areal makam Bung Karno maka kita terlebih dahulu harus mengisi buku tamu yang telah disediakan oleh petugas dan membayar biaya administrasi sukarela. Pintu masuk makam yang berupa gapura menghadap keselatan dan menghadap museum dan perpustakaan. Bangunan utama dari komplek makam tersebut berbentuk joglo yang biasanya disebut dengan Cungkup Makam Bung Karno dan diberi nama Astono Mulyo. Pada pusara bung Karno terdapat sebuah batu pualam yang berwarna hitam dengan tulisan “Disini dimakamkan Bung Karno Proklamator Kemerdekaan Dan Presiden Pertama Republik Indonesia. Penyambung Lidah Rakyat Indonesia”

No comments:

Post a Comment