Wednesday 17 September 2014

Pesona Keindahan Gunung Kelud Kediri Jawa Timur

http://backpacker-wisata.blogspot.com

Gunung kelud yang ada di Kediri Jawa Timur merupakana salah satu gunung berapi yang masih aktif selain gunung Bromo yang ada di Probolinggo dan Gunung Semeru yang ada di Lumajang. Gunung kelud terletak diarah timur kota Kediri yang berjarak sekitar 30 km. Adapun jalur yang harus kita tempuh jika kita berangkat dari kota Kediri adalah sebagai berikut: Kediri – Pesantren – wates – Ngancar – Sugihwaras – Gunung Kelud atau kita dapat mengikuti petunjuk arah yang telah tersedia.

Untuk bisa memasuki kawasan wisata gunung kelud ini kita tidak perlu membayar terlalu mahal. Baiaya masuk untuk setiap orang adalah sebesar Rp 5000 sedangkan untuk hari libur sabtu dan minggu kita akan dikenakan tariff sebesar Rp 10.000 per orang. Perjalanan yang harus ditempuh setelah kita melewati gerbang masuk areal wisata ini akan sedikit lebih menegangkan. Jalan yang kita lalui akan berkelok atau bahkan ada beberapa bagian jalan yang menanjak cukup tajam, jadi sebaiknya anda sedikit berhati-hati.

Salah satu keunikan yang ada pada rute menuju areal wisata gunung kelud adalah adanya Mysterius Road. Mysterius Road adalah sebuah fenomena aneh dimana jika kita menghentikan kendaraan kita pada posisi netral disebuah tanjakan yang terdapat disalah satu ruas rute yang menuju gunung ini maka kendaraan kita tidak akan menggelinding turun namun malah sebaliknya yaitu berjalan naik kearah tanjakan. Mysterius Road ini merupakan daya tarik tersendiri karena sangat jarang sekali dijumpai diareal tempat wisata yang lain.

Jika kita telah sampai diareal parkir maka kiata akan dapat menemukan banyak warung makanan yang menjual berbagai menu. Perjalan selanjutnya adalah menuju  anak gunung Kelud untuk melihat kubah lava serta menikmati keindahan pemandangan pegunungan yang sangat mempesona. Untuk bisa mencapai anak gunung Kelud maka para pengunjung akan melewati sebuah terowongan yang kurang lebih memiliki panjang 150 m. Namun bagi para pengunjung tidak perlu cemas karena didalam terowongan tersebut telah dipasang banyak lampu sehingga para wisatawan yang datang bisa berjalan dengan sangat leluasa.

Jika anda telah puas menikmati kubah lava dan pemandangan gunung kelud jangan lupa untuk menikmati sumber mata air panas yang terdapat dikaki gunung kelud. Sumber tersebut terdapat pada bagian kanan pada saat anda akan memasuki terowongan yang akan menuju gunung kelud.

No comments:

Post a Comment