Thursday 18 September 2014

Istana Gebang, Berwisata Menelusuri Jejak Sukarno Presiden Pertama Indonesia

http://backpacker-wisata.blogspot.com

Istana Gebang adalah rumah masa kecil presiden pertama Republik Indonesia yang sering kita kenal dengan Bung Karno atau Ir. Soekarno. Istana gebang yang ada dikota Blitar ini letaknya tidak terlalu jauh dari makam bung Karno, hanya sekitar 2 km menuju kearah selatan atau lebih tepatnya berada di Jalan Sultan Agung No. 69 Blitar.

Istana Gebang ini berada pada lahan seluas 2 hektar dimana keseluruhan bagian dari bangunan ini terdiri dari rumah utama. Rumah tersebut terdiri dari ruang tamu yang lumayan luas dengan perabotan berupa kursi yang memiliki model lama, serta beberapa meja dan jenis lemari kecil pada bagian barat. Selain daripada itu juga ada sebuah ruang keluarga yang dilengkapi dengan deretan kursi kayu yang berkombinasi dengan rotan yang dianyam.

Diruangan ini juga terdapat sebuah kursi kayu yang dipergunakan untuk bersantai yang telah dilengkapi dengan bangku kecil pada bagian bawahnya yang berfungsi sebagai penopang kaki. Kusi tersebut dahulu sering kali dipakai oleh Soekarmini Wardojo atau yang biasanya lebih dikenal dengan panggilan ibu Wardojo. Soekarmini adalah kakak dari Bung Karno yang kemudian menikah dengan Wardojo sebagai suami keduanya.

Disamping sebelah kanan dari Istana Gebang terdapat sebuah balai kesenian dimana pada masa dahulu balai tersebut sering dipakai oleh para seniman yang ada disekitar daerah tersebut untuk mengekpresikan hasil karya mereka. Pada masa kehidupan Soekarmini Wardojo balai tersebut juga sering kali digunakan untuk menggelar pertunjukan wayang. Maka tidak perlu aneh jika dahulu dibalai tersebut juga terdapat seperangkat gamelan dan wayang kulit miliki keluarga Soekarno.

Pada tiap tahunya atau lebih tepatnya yang jatuh pada tanggal  6 Juni, Istana Gebang  ini akan terlihat lebih ramai dari pada hari umum lainya. Karena pada tanggal tersebut adalah tanggal kelahian presiden pertama republik Indonesia yaitu Ir.Soekarno. Dimana pada tanggal tersebut bisanya akan diadakan haul dan bermacam atraksi kesenian untuk memperingati kelahiran Bung Karno.

No comments:

Post a Comment