Sunday 14 September 2014

Pesona Gunung Ijen Atau Kawah Ijen Banyuwangi Jawa Timur

kawah-ijen-gunung-ijen-banyuwangi

Gunung Ijen atau yang biasanya lebih dikenal dengan Kawah Ijen adalah salah satu gunung yang masih tergolong aktif yang ada dikabupaten Banyuwangi. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 2.443 m dari permukaan laut ini pernah meletus sebanyak empat kali yaitu pada tahun 1796, 1817, 1913 dan tahun 1936. Gunung ijen atau kawah ijen ini merupakan sebuah deretan pegunungan yang membentang yang berada pada tiga kabupaten yang ada di Jawa Timur, yaitu kabupaten Situbondo, Kabupaten Bondowoso dan kabupaten Banyuwangi.

Dikawasan ini juga terdapat penambangan belerang, jika kita sedang berkunjung ke kawah ijen kita bisa melihat aktifitas penamabangan belerang yang dilakukan oleh warga setempat. Kawah ijen merupakan danau kawah yang terbesar yang da didunia. Kawah tersebut mampu memproduksi belerang sebanyak 36 juta meter kubik dan hydrogen klorida seluas 5.466 hektar. Meskipun sebenarnya kawah ijen sangat berbahaya namun kawah ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan karena memiliki keindahan yang luar biasa.

Danau ijen yang mengandung  belerang dan berwarna hijau tosca ini memiliki kedalaman sekitar 200 m dan memiliki derajat keasaman mencapai nol. Tingkat keasaman yang sangat kuat tersebut bahkan mampu melarutkan pakaian maupun jari seseorang.
Untuk bisa mencapai kawah ijen ini ada dua alternatif rute yang biasa dipilih. Rute yang pertama adalah dari Situbondo menuju Sempol yang selanjutnya menuju Paltuding. Sedangkan rute yang kedua bisa ditempuh dari Banyuwangi menuju Licin yang selanjutnya menuju Paltuding. Dari Paltuding para wisatawan yang akan mendaki Gunung Ijen harus berjalan kaki sejauh kurang lebih 3 km dengan rute yang menanjak.

No comments:

Post a Comment