Monday 15 September 2014

Mengintip Pesona Taman Nasional Baluran Situbondo Jawa Timur

http://backpacker-wisata.blogspot.com/

Taman Nasional Baluran adalah sebuah tujuan wisata yang berupa savanna. Taman Nasional tersebut berada diwilayah Banyuputih kabupaten Situbondo. Sebagian orang menyebut taman Nasional Baluran sebagai Afrikanya Indonesia. Panggilan tersebut mungkin melekat karena savana yang ada ditaman ini mirip seperti savana yang ada di negera Afrika.

Sedangkan nama Baluran sendiri disematkan karena taman nasional ini berada pada kawasan pegunungan Baluran. Ada sekitar 444 jenis flora yang tumbuh ditaman nasional baluran ini, beberapa dari jenis flora tersebut adalah tumbuhan khas yang bisa beradaptasi dengan cuaca yang sangat kering. Sedangkan jenis fauna yang menghuni taman nasional baluran ini diperikan ada sekitar 26 jenis. Mulai dari banteng yang dijadikan sebagai ikon dari taman nasional ini, kijang, rusa, macan tutul dan lain sebaginya. Selain itu disini juga dihuni oleh sekitar 155 jenis unggas. Semua satwa yang tinggal didaerah ini adalah satwa yang masih liar dan berbeda sekali dengan satwa yang ada dikebun binatang maupun yang terdapat ditaman safari.

Biasanya dimusim kemarau para satwa yang umumnya lebih senang bersembunyi didalam hutan akan mulai keluar menuju savana. Pihak pengelola taman nasional akan menyediakan kubangan dan air bagi para satwa yang mulai kehausan dan keluar hutan untuk mencari minum. Namun satwa tersebut sangat pemalu, apabila ada pengunjung yang mendekat mereka akan kembali berlari masuk ke hutan. Para pengunjung biasanya melakukan pengamatan satwa-satwa liar disavana Bekol.

Keindahan alam yang ada di taman nasional Baluran situbondo ini sungguh masih alami dan memikat hati. Jika kita berangkat pagi hari kita juga bisa menikmati keindahan sunrise di pantai Bama. Pantai Bama Situbondo ini merupakan salah satu spot terbaik yang ada ditaman nasional baluran untuk menikmati sunrise. Disekitaran pantai Bama tersebut juga terdapat hutan bakau yang dijadikan sebagai kawasan konservasi dan dihuni oleh monyet liar, jadi sebaiknya anda berhati-hati dengan barang bawaan anda karean monyet-monyet tersebut sedikit nakal.

No comments:

Post a Comment