Saturday 13 September 2014

Berwisata Ke Air Terjun Lawean Sendang Tulungagung

http://backpacker-wisata.blogspot.com/

Air terjun lawean adalah salah satu tempat wisata yang terdapat dikota Tulungagung atau yang juga dikenal dengan nama kota Marmer. Untuk mencapai air terjun lawean tersebut kita harus menuju kearah barat daya dari pusat kota Tulungagung. Air terjun tersebut tepatnya berada pada dusun turi yang berada di desa Geger wilayah kecamatan Sendang kabupaten Tulungagung. Jika kita menuju air terjun ini dari pusat kota maka kita akan menempuh jarak sejauh kurang lebih 25 km.

Untuk mencapai air terjun yang berada dilereng Gunung Wilis ini disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, karena belum adanya angkutan umum yang melewati jalur ini. meskipun kita telah menggunakan kendaraan pribadi para wisatwan yang hendak mengunjungi air terjun lawean yanga da di kecamatan Sendang Tulungagung ini masih diharuskan berjalan kaki sejauh 3 km. Para wisatawan akan berjalan melewati areal berbukit yang rimbun dan hijau denganuadara yang sejuk dan segar. Selain itu pengunjung juga harus menyeberangi sungai  sebanyak 9 kali, barulah mereka bisa mencapai air terjun lawean ini.

Semua kesukaran yang dilakukan selama perjalanan akan tertutupi oleh keindahan Air terjun ini. Air terjun ini masih terasa sangat asri. Hanya saja fasilitas yang ada disekitar air terjun ini sangatlah minim sekali. Pengelolaan dari instansi yang terkait seolah juga masih terkesan asal-asalan. Padahal jika dikelola denga sungguh-sungguh areal wisata air terjun lawean ini akan menjadi asset yang sangat menguntungkan.

Tidak terlalu jauh dari air terjun lawean ini juga terdapat sebuah air terjun lain yang tidak terlalu tinggi namun memiliki keindahan tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan air terjun lawean, orang menyebutnya dengan nama air terjun Panda Wangi. Selain itu dilokasi yang terpisah yang juga tidak berjarak terlalu jauh dari air terjun lawean juga terdapat sebuah candi yang bernama candi Penampehan.

1 comment:

  1. Air terjun lawean sendang untuk penampehan udah gak berkelok lagi karena aliran airnya sudah dirubah oleh pemerintah

    air tejun lawean penampehan sudah tidak berkelok

    ReplyDelete