Friday 12 September 2014

Berwisata Melihat Kemolekan Pulau Sempu Kabupaten Malang


Pulau sempu adalah salah satu pulau yang sudah sering menjadi tujuan bagi para wisatawan baik dari kota Malang maupun dari luar kota. Pulau yang satu ini berada pada bagian timur wilayah kabupaten Malang. Jika anda sedang berkunjung ke kota Malang maka jangan lupa untuk singgah dan mengunjungi pulau ini. letak dari pulau ini lebih tepatnya berada disebuah desa yang bernama Tambak Rejo yang masuk dalam wilayah kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang.

Untuk bisa mengunjungi pulau ini maka kita terlebih dahulu harus mencapai Pantai Sendang Biru. Dari pantai sendang biru tersebut barulah kita bisa menyeberang dengan menggunakan perahu milik nelayan yang banyak disewakan. Untuk kisaran harga yang ditawarkan biasanya antara Rp 100 ribu untuk satu buah perahu yang biasanya diperuntukan bagi 10 orang, jadi jika kita menyewa secara berkelompok tidak akan terasa terlalu membebani.

Pulau sempu sendiri saat ini berada dibawah naungan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur. Pulau dengan luas sekitar 877 hektar ini masih ditumbuhi oleh banyak pohon dan dihuni oleh berbagai jenis hewan, semisal berbagai jenis burung dan kera. Salah satu hal yang banyak menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke pulau Sempu kabupaten amlang ini adalah adanya sebuah laguna yang terdapat ditengah pulau tersebut,  Laguna tersebut dipanggil dengan nama segara anakan. Untuk bisa mencapai segara anakan yang terdapat dipulau sempu ini kita diharuskan menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 2,5 km setelah menyeberang dari pantai sendang biru dan mencapai pulau sempu.

Jalan yang dilalui untuk bisa mencapai segara anakan tersebut juga tergolong susah, karena kita harus lewat jalan setapak menembus rimbunan pepohonan. Medan yang dilalui jga lumayan terjal jadi ada baiknya jika anda yang berniat untuk berkunjung ke pulau Sempu kabupaten malang ini sebaiknya memilih musim kemarau agar jalan yang akan ditempuh menuju segara anakan tidak licin dan berlumpur. Namun semua rintangan perjalanan tersebut seolah akan terbayar lunas ketika kita sudah mencapai segara anakan. Pemandangan yang indah seolah tersuguh didepan mata, sebuah laguna yang berpasir putih dan  dikelilingi oleh karang yang terjal sehingga terpisah dari lautan. Sungguh suasana yang sangat nyaman untuk berlibur apalagi jika kita menyempatkan diri untuk bermalam di segara anakan ini.

No comments:

Post a Comment