Thursday 11 September 2014

Mengintip Keindahan Air Terjun Madakaripura Tengger Probolinggo

http://backpacker-wisata.blogspot.com/

Jika anda berencana untuk melakukan perjalanan wisata ke daerah Probolinggo jangan lupa untuk menyempatkan diri mengunjungi sebuah air terjun yang benama air terjun Madakaripura. Letak dari air terjun tersebut berada daearah kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air terjun madakaripura ini berada disebelah utara gunung Bromo dengan lama perjalanan sekitar satu jam dari gunung Bromo. Lebih tepatnya lagi air terjun ini berada pada desa Sapih yang berkecamatan Lumbang kabupaten Probolinggo.

Perjalanan untuk bisa mencapai areal wisata air terjun Madakaripura memang tidaklah semudah yang kita bayangkan. Ada banyak tantangan yang harus kita lewati untuk bisa mencapai air terjun tersebut. Kita harus menyusuri jalanan yang berbatu mulai dari pintu masuk yang berada dilereng pegunungan Tengger. Sembari melakukan perjalanan untuk mencapai wisata air terjun Madakaripura ini kita bisa menikmati indahnya pemandangan alam sekitar yang sejuk dan rindang.

Air terjun Madakaripura merupakan air terjun yang tertinggi yang terdapat dipulau Jawa. Selain itu air terjun ini juga merupakan air terjun tertinggi kedua yang terdapat di Indonesia setelah air terjun Siguragura yang ada di Sumatera Utara. Air terjun Madakaripura yang berketinggian 200 meter ini berada pada kedalaman lembah sehingga terasa mirip denga tabung yang disekelilingnya diapit oleh tebing yang tinggi. Air yang jatuh dari cucuran tebing tersebut membentuk sebuah kolam yang memiliki kedalaman sekitar 7 meter. Indahnya pemandangan yang terdapat pada air terjun Madakaripura ini seolah setimpal dengan semua perjuangan yang kita lakukan.

Masih disekitar kawasan wisata air terjun Madakaripura ini juga terdapat sebuah gua yang dipercayai oleh masyarakat setempat bahwa dulunya gua tersebut pernah digunakan oleh Maha Patih Gajah Mada untuk bersemedi. Konon ditempat inilah patih Gajah Mada tersebut memperoleh kesaktianya dan di gua ini pula beliau menghilang secara misterius. Karena hal itulah maka lokasi ini sampai sekarang dinamai Madakaripura yang berarti tempat terakhir. Maka jangan heran jika sampai sekarang kawasan ini terkadang masih sering dikunjungi oleh masyarakat yang ada di Tengger pada hari-hari tertentu untuk melakukan ritual.

Sedangkan untuk fasilitas yang terdapat pada kawasan wisata air terjun Madakaripura ini tergolong sudah cukup memadai. Kita bisa dengan mudah menemukan warung yang menjajakan makanan, kita juga bisa menyewa payung yang banyak terdapat disekitar air terjun untuk melindungi kita dari percikan air terjun yang deras agar kita maupun barang bawaan kita bisa tetap kering.

1 comment:

  1. salam hangat dari kami ijin informasinya dari kami pengrajin jaket kulit

    ReplyDelete