Friday 5 September 2014

Menengok Keindahan Telaga Sarangan Kabupaten Magetan


Jika kita berkunjung ke Kota Magetan Jawa Timur tidak akan lengkap rasanya jika kita tidak menyempatkan diri untuk menengok atau singgah pada tempat wisata yang ada di kota tersebut. Salah satu tempat wisata yang terkenal di Kota Magetan adalah Telaga Sarangan, telaga ini juga dikenal pula sebagai telaga pasir. Letak telaga ini berada pada kaki Gunung Lawu, tepatnya berada pada kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan Propinsi Jawa Timur. Telaga yang berjarak kurang lebih sekitar 16 Km dari kota Magetan ini memiliki luas mencapai 30 hektar dan berkedalaman sekitar 28 meter.

Menurut cerita yang beredar dimasyarakat konon telaga sarangan ini terbentuk karena ulah dua ekor naga. Naga tersebut pada mulanya adalah dua orang manusia yang secara tidak sengaja menemukan dan memakan telur yang kebetulan mereka temukan didalam hutan. Setelah kedua orang tersebut memakan telur yang mereka temukan badan kedua orang tersebut menjadi gatal dan berubahlah sosok keduanya menjadi seekor naga. Naga yang merasa gatal sekujur badanya kemudian berlari dan berguling-guling sehingga membentuklah sebuah cekungan yang kemudian berubah menjadi telaga dan menenggelamkan kedua ekor naga tersebut. Telaga itulah yang sekarang kita kenal dengan nama telaga Sarangan.

Setiap tahunya telaga Sarangan yang ada di Magetan ini mampu menyerap ribuan pengujung. Dengan suhu udara yang sejuk dan pemandangan alam yang menarik tidak heran jika telaga ini merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi andalan Kota Magetan. Para wisatawan yang berkunjung ke Telaga Sarangan ini dapat pula menjelajahi kaki Gunung Lawu untuk menuju kesebuah air terjun yang bernama air terjun Tirtasari. Letak air terjun tersebuut tidaklah terlalu jauh dari telaga, hanya berjarak sekitar 2,5 km saja. Masyarakat percaya bahwa air terjun tersebut bisa menjadi obat awet muda.

Pada hari-hari tertentu biasanya ada acara khusus yang diadakan dikawasan telaga ini, semisal pada Ledug Suro yang diadakan setiap tanggal 1 bulan Muharam. Pada hari-hari tersebut areal wisata ini akan dipenuhi oleh para pengunjung. Fasilitas yang ada diareal telaga Sarangan ini juga tergolong sudah memadai, kita bisa dengan mudah menemukan penginapan, rumah makan, maupun pasar wisata yang biasanya menjual berbagai souvenir sebagi oleh-oleh bagi para wisatawan yang berkunjung ke Telaga Sarangan yang ada di Magetan ini. Sebelum anda meninggalkan telaga Sarangan ada baiknya pula jika anda terlebih dahulu mencicipi kuliner khas disini yaitu sate kelinci.

No comments:

Post a Comment