Sunday 7 September 2014

Keindahan Air Terjun Pengantin Kabupaten Ngawi


Salah satu tempat wisata yang biasanya menjadi pilihan untuk dikunjungi adalah air terjun. Sebagaimana air terjun yang terdapat di Kabupaten Ngawi ini. Air terjun ini mendapat julukan air terjun pengantin, meskipun nama sebenarnya dari air terjun tersebut adalah gerojokan Jumog atau gerojokan Dugji. Dalam bahasa jawa air terjun biasanya disebut gerojokan atau air yang mengalir jatuh dari atas kebawah.

Warga kabupaten Ngawi yang ada disekitar air terjun tersebut menamai air terjun itu dengan nama air pengantin dikarenakan air terjun tersebut memiliki dua bagian air yang jatuh kebawah dan saling berdampingan. Tempat wisata ini masih tergolong baru di kabupaten Ngawi karena baru diresmikan dan dibuka untuk umum pada kisaran tahun 2011.
Karena areal wisata yang masih baru mungkin belum terlalu banyak orang yang tahu dengan nama air terjun pengantin ini. Mungkin kita juga akan menyangka bahwa air terjun pengantin ini memiliki hubungan dengan salah satu film layar lebar yang mungkin pernah kita tonton yang memiliki judul sama dengan nama air terjun ini. Padahal air terjun ini sama sekali tidak ada hubunganya dengan film tersebut.

Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 12 meter diantara tebing batu yang tidak terlalu curam. Debit aliran air akan semakin deras manakala kita berkunjung ke air terjun ini pada saat musim penghujan. Ada baiknya pada saat musim penghujan kita sedikit lebih berhati-hati karena mungkin saja areal wisata air terjun pengantin ini rawan dengan banjir.
Air terjun pengantin ini tepatnya berada Dusun Besek Desa Hargomulyo masuk kecamatan Ngrambe dan berada diwilayah Kabupaten Ngawi. Para pengunjung yang akan memasuki areal wisata air terjun pengantin ini akan dikenakan tarif sebesar Rp 4.000 per orang dan biaya parkir sebesar Rp 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 3.000 untuk kendaraan beroda empat.

Fasilitas yang ada disekitar areal wisata juga sudah cukup memadai meskipun masih terkesan ala kadarnya. Kita dapat menemukan toilet, mushola, areal parkir, dan warung-warung kecil yang menjajakan makanan disekitar lokasi air terjun tersebut.

No comments:

Post a Comment