Friday, 7 March 2014

Wisata Sejarah ke Benteng Empu Nusa Tenggara Timur

http://backpacker-wisata.blogspot.com/

Sebelum dikenal dengan nama Benteng Empu tempat ini dulunya adalah kampong tua yang ada pada puncak sebuah bukit. Kampung tersebut dikenal oleh masyarakat sekitar dengan nama kampung empu. Namun nama kampung empu tersebut berubah sejak tempat tersebut dijadikan benteng pertahanan dari berbagai serangan musuh.

Letak benteng yang berada diatas bukit menjadikan benteng ini sebagai tempat yang sempurna untuk mempertahankan diri dari serangan musuh. Selain berada pada tempat yang tinggi disekiling benteng empu juga dikelilingi oleh jurang pada bagian timur, utara dan selatan. Dengan demikian jika ada serangan musuh maka hanya bisa  menyerang dari satu arah. Hal tersebut memudahkan penghuni benteng mempertahankan diri dari serangan musuh karena hanya perlu berfokus pada satu sisi saja.

Selain karena letaknya yang sangat menguntungkan di dalam benteng empu sendiri juga pernah terdapat seorang kesatria yang pemberani yang dikenal dengan nama Wangka Pelang. Kesatria tersebut terkenal karena punya ilmu kebal sehingga tidak bisa dibunuh.

Tidak jauh dari benteng empu tersebut tumbuh serumpun bambu. Bambu tersebut tidaklah sama dengan pohon bambu pada umumnya. Pohon bambu yang ada didekat benteng tersebut hanya mempunyai satu pangkal saja. Sedangkan pada bagian tengah bambu tersebut bercabang sehingga pohon bambu tesebut tetap rimbun seperti pohon bambu pada umumnya.

Menurut kisah yang tersiar bahwa bambu tersebut dulunya adalah sebuah perian atau ndoa yang biasa digunakan menimba air oleh seorang wanita yang menderita lumpuh. Perempuan tersebut meninggalkan perian tersebut begitu saja pada saat melihat musuh yang akan menyerang kampung empu. Perian tersebutlah yang kemudian menjadi pohon bambu yang tumbuh didekat benteng empu tersebut. Warga sekitar tidak ada yang berani memotong bambu tersebut karena mereka percaya siapa saja yang memotong bambu tersebut akan sakit atau meninggal. Benteng empu terletak paad desa yang bernama Pacolia, yang berada dalam kecamatan Poco Ranaka kabupaten Manggarai Timur Nusa Tenggara Timur.

No comments:

Post a Comment