Saturday, 8 March 2014

Keindahan Wisata Air Terjun Coban Talun Kota Batu Malang Jawa Timur

http://backpacker-wisata.blogspot.com/

Air terjun Coban Talun adalah salah satu tujnuan wisata yang ada di kota Batu Malang Jawa Timur. Jika kita sedang berkunjung ke kota Batu akan sangat disayangkan sekali jika tidak mengunjungi berbagi tempat wisatanya semisal air terjun Coban Talun ini. tempat wisata yang satu ini hanya berjarak sekitar 15 km dari kota malang. Untuk mencapai tujuan wisata air terjun ini maka kita dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Jika kita memutuskan untuk menggunakan angkutan umum maka kita dapat menggunakan bus dari terminal Landungsari Malang dengan rute Malang - Batu – Pare – Kediri. Dari terminal tersebut kita minta saja untuk turun diterminal kota Batu yang kemudian perjalanan diteruskan dengan menggunakan angkutan kota yang menuju Sumber Brantas. Kita bilang saja kepada pak sopir bahwa kita akan turun di Air Terjun Coban Talun. Supir angkot tersebut akan menurunkan kita pada jalur yang paling dekat dengan arah air terjun tersebut, selanjutnya kita dapat menempuhnya dengan berjalan kaki mengikuti papan petunjuk yang ada.

Air terjun ini berada pada kawasan Bumi Perkemahan Coban Talun yang terletak diantara lereng gunung Arjuna dan lereng Gunung Welirang. Air terjun Coban Talun Sendiri memiliki ketinggian sekitar 75 meter dan lebar sekitar 15 meter. Pemandangan yang ada disekitar lokasi air terjun juga sangat indah ditambah lagi dengan suara deburan air yang jatuh maka tak heran jika air terjun Coban Talun ini sering kali menjadi pilihan untuk melakukan kegiatan perkemahan bagi para pecinta alam.

Dilokasi wisata ini sebenarnya ada dua tempat yang dapat kita kunjungi yaitu Bendungan dan Coban Talun itu sendiri. Untuk melihat bendungan kikta tidak perlu bersusah payah karena jaraknya yang lumayan dekat dengan lokasi tempat parkir. Namun jika kita hendak mengunjungi air terjun Coban Talun itu sendiri maka kita membutuhkan sedikit usaha ekstra karena kita harus melintasi sungai dan hutan yang sebenarnya adalah bagian atas dari air terjun Coban Talaun itu sendiri. Waktu yang kita butuhkan untuk melintasi sungai dan hutan tersebut berkisar antara 30 – 40 menit perjalanan.

Sebenanya air terjun Coban Talun ini terletak pada dasar tebing sungai sehingga untuk dapat mencapainya kita harus berjalan kaki dengan melewati jalan setapak yang berkelok diantara tebing sungai. Jalan setapak tersebut hanya terbuat dari tanah sehingga pada saat musim hujan akan menjadi lebih licin dan berbahaya, jadi sebaiknya para wisatawan yang berkunjung kesana sedikit lebih berhati-hati. Namun semua kesulitan perjalan tersebut seolah akan terbayar lunas manakala kita telah sampai di Air Terjun Coban Talun tersebut. Pemandangan yang ada disekitar air terjun ini memang begitu indah dan memiliki udara yang sejuk karena berada pada lereng pegunungan dan masih dikelilingi oleh areal hutan.

No comments:

Post a Comment