Wednesday 12 March 2014

Wisata Gua Batu Cermin Labuan Bajo Flores Nusa Tenggara Timur

http://backpacker-wisata.blogspot.com/

Gua Batu Cermin adalah salah satu tempat wisata yang ada dikota Labuan Bajo pulau Flores Nusa Tenggara Timur, lokasi gua tersebut hanya sekitar 5 Km dari Labuan Bajo. Gua tersebut berada pada sebuah bukit batu yang bernama Batu Cermin. Gua alam tersebut terbentuk secara alami sehingga banyak terdapat stalaktit dan stalakmit di sepanjang gua tersebut.

Nama Gua Batu Cermin diberikan kepada gua ini karena keunikan yang dimilikinya. Gua ini sebenarnya adalah sebuah gua yang gelap, namun sinar matahari yang berhasil menerobos masuk kedalam gua tersebut saling memantul melalui dinding gua sehingga terjadilah sebuah refleksi yang mirip seperti sebuah cermin yang terkena sinar matahari. Demikianlah nama gua batu cermin tersebut diberikan pada gua yang ada dikota Labuan Bajo Flores ini.

Jika para wisatawan ingin menjelajahi gua tersebut maka akan dibutuhkan waktu yang berkisar antara 1 sampai 2 jam. Dikedalaman gua para wisatawan dapat melihat banyak sekali stalaktit dan stalakmit, selain itu juga ada beberapa fosil dari hewan laut semisal fosil ikan dan fosil kura-kura yang menempel pada dinding gua tersebut. Dari bekas fosil yang terlihat pada dinding gua batu cermin tersebut maka kemungkinan gua tersebut dulunya pernah terendam air laut atau bahkan mungkin juga gua ini dulunya adalah bagian dari lautan itu sendiri.

 Selain terdapat fosil yang telah membatu gua ini sekarang juga banyak dihuni oleh kelelawar, pada saat kita menulusuri gua ini kita pasti akan menjumpai banyak sekali kelelawar yang tidur menggantung pada dinding atap gua. Konon gaua batu cermin yang ada di Labuan Bajo ini juga pernah digunkana oleh tentara Jepang sebagai benteng pertahanan dan tempat persembunyian .

Jika kita ingin melihat pemandangan yang menarik dari gua batu cerminmaka kita akan disarankan untuk mengunjungi gua pada saat siang hari, yaitu antara pukul 10.00 hingga pukul 14.00. Karena biasanya tepat pada jam-jam tersebut sedang terjadi refleksi siinar matahari pada dinding-dinding gua batu cermin tersebut.

1 comment:

  1. wah, keren banget tempatnya ini.. :) thanks atas infonya ya
    saya juga punya referensi nih.

    Paket wisata dan tour murah

    ReplyDelete