Tuesday 11 March 2014

Berwisata Menikmati Pesona Keindahan Danau Rana Tonjong Flores Nusa Tenggara Timur

http://backpacker-wisata.blogspot.com/

Danau Rana Tonjong  adalah sebuah danau yang terletak pada sebuah dataran rendah. Danau ini tepatnya terletak pada sebuah desa yang bernama desa Nanga Mbaling yang berada pada kecamatan Sambi Rampas yang berada kurang lebih sekitar 3 Km pada bagian utara Pota. Pada bagian utara, selatan serta bagian barat dai danau ini dibatasi oleh perbukitan sedangkan pada bagian timurnya danau rana tonjong ini dibatasi dengan areal persawahan yang merupakan miliki para penduduk lokal. Salah satu keunikan yang dimiliki oleh danau ini adalah banyaknya tanaman teratai raksasa yang tumbuh subur pada danau tersebut yang dalam bahasa setempat disebut dengan nama Tonjong.

Teratai raksasa tersebut tumbuh dengan menutupi seluruh permukaan danau ini sehingga kita seolah tidak melihat adanya air pada danau tersebut karena tertutup oleh teratai raksasa atau tonjong tersebut. Meskipun tanaman ini banyak tumbuh pada danau tersebut namun kita hanya bisa melihat mereka semua berbunga hanya satu kali dalam satu tahun yaitu pada bulan April sampai dengan bulan Juni.

Apabila bunga-bunga teratai raksasa tersebut telah mekar pada danau rana tonjong ini maka kita akan dapat melihat biji-bijian pada bunga teratai tersebut yang memiliki ukuran sebesar kacang tanah, dimana biji-bijian tersebut dapat kita nikmati secara langsung maupun dapat dimasak terlebih dahulu. Biji-bijian tersebut mempunyai rasa menyerupai rasa dari kacang tanah dan sedikit mengandung minyak. Yang unik lagi adalah bahwa bunga-bunga teratai raksasa tersebut hanya bisa tumbuh di Danau Rana Tonjong.

Danau ini juga merupakan habitat bagi berbagai fauna semisal katak, ular air, maupun berbagai macam ikan air tawar. Selain itu jika kita sedang berkunjung ke danau rana tonjong ini kita bisa menjumpai angsa, bangau maupun burung elang yang sedang mencari makan disekitaran danau. Jika anda hendak bermaksut mengunjungi danau ini dari Ruteng maka anda harus menempuh jarak yang lumayan jauh yaitu sekitar 90 Km. Selain jaraknya yang lumayan jauh dari kondisi jalan yang harus dilewati untuk bisa sampai kedanau Rana Tonjong juga lumayan sulit, sehingga waktu tempuh yang diperlukan mungkin akan terasa lama.  Selain dapat ditempuh dari Ruteng danau Rana Tonjong ini juga dapat ditempuh dari Borong namun jarak yang harus ditempuh lebih jauh lagi yaitu sekitar 130 km dengan kondisi jalan yang serupa.

No comments:

Post a Comment