Friday 7 February 2014

Sasando Alat Musik Khas Dari Pulau Rote Nusa Tenggara Timur

backpacker-wisata.blogspot.com

Setiap daerah baik kota, propinsi, atau pulau yang ada di Indonesia memiliki beragam kekayaan tradisi, budaya dan tempat wisata. Jika kita sedang berwisata kesuatu daerah atau tempat yang ada di Nusantara ini maka kita akan menjumpai sesuatu yang khas yang mungkin hanya dimiliki oleh daerah tersebut, baik itu berupa makanan, budaya ataupun alat musik.

Salah satu alat musik yang khas adalah Sasando. Alat music yang satu ini berasal dari Pulau Rote Nusa Tenggara Timur. Sasando merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik sebagaimana layaknya gitar atau kecapi. Nama sasando sebenarnya berasal dari kata sasandu, yang dalam bahasa orang Rote berarti alat yang berbunyi atau bergetar.

Alat musik tradisional pulau Rote ini mempunyai bentuk yang panjang seperti tabung, karena memang biasanya alat ini terbuat dari bambu. Bambu yang berbentuk bulat memanjang tersebut pada bagian tengahnya diberi ganjalan dengan bentuk yang melingkar dari atas kebawah. Ganjalan tersebut berfungsi sebagai tumpuan bagi senar yang direntangkan mulai dari bagian atas hingga ke bagian bawah bambu tersebut.

Gajalan tersebut juga berguna untuk memberikan bermacam-macam nada yang berbeda pada saat senar yang ada pada sasando tersebut dipetik. Sasando yang telah selesai dibuat biasanya akan diletakan pada sebuah wadah khusus yang terbuat dari daun lontar yang dianyam dan dibentuk seperti kipas. Wadah tersebut berguna untuk memberikan resonansi bagi sasando pada saat dimainkan.

No comments:

Post a Comment