Saturday 8 February 2014

Pulau Rinca, Wisata Komodo Nusa Tenggara Timur

backpacker-wisata.blogspot.com

Pulau Rinca merupakan salah satu habitat hidup dari kadal raksasa yang bernama komodo, selain pulau komodo pulau ini juga menjadi habitat alami dari komodo. Biasanya para wisatawan cenderung lebih memilih pulau ini sebagai tujuan wisata dari pada pulau komodo. Selain karena pulaunya lebih kecil dibandingkan dengan pulau komodo sehingga lebih mudah untuk dijelajahi, para wisatawan juga lebih mudah menemukan hewan komodo yang ada dialam liar dipulau Rinca ini.

Selain itu jarak yang harus ditempuh oleh wisatawan yang akan berkunjung ke pulau ini juga relatif lebih singkat dari pada mengunjungi pulau komodo. Untuk mengunjungi pulau rinca ini hanya dibutuhkan waktu sekitar 2 jam saja dengan menggunakan perahu, sedangkan jika menuju pulau komodo setidaknya butuh waktu 3 jam perjalanan.


Pulau Rinca sendiri sebenarnya juga termasuk dalam konservasi Taman Nasional Komodo. Para wisatawan yang datang berkunjung ke pulau Rinca ini paad saat mencapai dermaga akan bisa langsung melihat komodo yangmemiliki panjang sekitar 2 m. komodo tersebut memang dibiarkan hidup bebas dan berkeliaran disekitaran dermaga.

Tiket masuk untuk menikmati wisata yang ada dipulau Rinca ini sebesar Rp 22.000. Jika kita telah membayar tiket masuk maka kita akan dipandu seorang ranger yang bertugas sebagai pawang komodo untuk selalu memandu para wisatawan yang berkeliling menjelajahi pulau tersebut. Pawang atau ranger tersebut biasanya akan membawa sebuah tongkat sebagai senjatanya.

Perjalan dalam menjelajahi pulau rinca ini biasanya akan memakan waktu sekitar 1 jam. Para wisatawan akan diajak menyusuri kedalam konservasi hutan yang terjaga keasrianya. Para wisatawan biasanya akan melihat anak-anak komodo yang ada diatas semak-semak atau pepohonan. Anak-anak komodo tersebut berada pada tempat tesebut untuk menghindari sifat kanibal dari induknya. Pada akhir dari penjelajahan akan ada sebuah tempat yang digunakan sebagai tempat peristirahatan bagi para wisatawan. Tempat tersebut memiliki kantin dan tempat penjualan souvenir.

No comments:

Post a Comment