Saturday 8 February 2014

Berwisata Mengunjungi Taman Nasional Pulau Komodo Nusa Tenggara Timur


backpacker-wisata.blogspot.com

Nama pulau komodo bukan lagi nama yang asing bagi kita. Pulau yang ada dipropinsi Nusa Tenggara Timur  ini memang telah terkenal mendunia. Pulau yang menjadi habitat asal bagi para kadal raksasa atau yang biasa kita sebut dengan nama komodo pernah dinominasikan sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia.

Pulau yang berada paling barat dari propinsi Nusa Tenggara Timur ini berbatasan dengan wilayah propinsi Nusa Tenggara barat. Pulau komodo ini terletak pada sebelah barat dari pulau Sumbawa, dengan batas pemisahnya adalah Selat Sape. Pulau ini berada pada kecamatan Komodo dan masuk dalam kabupaten Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur.

Pulau komodo yang merupakan pulau asli habitat komodo ini pada tahun 2009 mencatat bahwa disini terdapat sekitar 1300 komodo. Berdasarkan data yang ada jika ditambah dengan jumlah komodo yang ada dipulau sekitarnya semisal pulau Rinca maupun pulau Gili Motang maka jumlahnya sekitar 2500 ekor.

Selain menjadi habitat asli dari komodo pulau komodo ini banyak  menyimpan keindahan berbagai jenis flora semisal kayu sepang yang biasanya dipergunakan untuk menjadi pewarna pakaian dan obat-obatan bagi masyarakat lokal. Selain pohon sepang adapula pohon nitak yang juga dipergunakan sebagai obat dan memiliki biji yang rasanya gurih menyerupai rasa dari kacang polong.

Taman Nasional Pulau Komodo sebenarnya meliputi beberapa pulau lain yang ada disekitar pulau komodo tersebut seperti pulau Rinca serta pulau Padar ditambah dengan pulau-pulau lainya hingga luasnya diperkirakan mencapai 1.817 Km persegi. Taman nasional pulau komodo ini didirikan untuk menjaga kelestarian habitat dan hewan asli pulau ini yaitu komodo.

Selain untuk melindungi komodo di taman nasional pulau komodo ini terdapat banyak sekali jenis flora yang juga ikut terlindungi dengan dibentuknya taman nasional pulau komodo. Pada tahun 1986 taman nasional pulau komodo ini telah diresmikan oleh UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia .

Kadal raksasa atau komodo ini biasanya juag disebut dengan nama komodo dragon atau yang dalam bahasa latin bernama Varanus Komodoensis, namun dalam bahasa masyarakat setempat nama komodo adalah “Ora”. Komodo pertama kali dipublikasikan pada sebuah harian nasional hindia Belanda pada sekitar tahun 1912 oleh Peter A. Ouwens, yang pada masa itu adalah direktur Museum Zoologi yang ada di Bogor.

Komodo memang menjadi daya tarik yang lua biasa bagi para wisatawan yang berkunjung ke pulau ini, namun sebenarnya pulau ini juga memiliki keindahan yang luar biasa. Pulau komodo yang dikelilingi dengan pantai-pantai yang indah dan hamparan pulau-pulau kecil yang ada disekitarnya serta keindahan alam bawah lautnya juga merupakan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang berkunjung ke taman nasional pulau komodo.

No comments:

Post a Comment