Monday 10 February 2014

Berwisata Mengunjungi Pantai Tablolong Kupang Nusa Tenggara Timur

backpacker-wisata.blogspot.com

Salah satu tempat wisata yang sering menjadi tujuan saat berkunjung ke Kupang Nusa Tenggara Timur adalah pantai Tablolong. Pantai yang berjarak sekitar 30 Km dari pusat kota Kupang Nusa Tenggar timur. Perjalanan untuk mencapai pantai ini harus melewati jalan yang sedikit menanjak serta melewati kawasan hutan yang masih asri.
Hutan yang ada pada kiri dan kanan jalan menuju pantai tablolong umumnya ditumbuhi pohon lontar serta pohon miyak kayu putih dan semak belukar. Jalan yang harus dilalui juga relatif masih sepi. Mungkin pada saat perjalanan kita juga akan berjumpa dengan beberpa penduduk lokal yang sedang memanggul jurigen air untuk keperluan sehari-hari.

Suasana daerah yang sedikit berbukit memang jarang ditemukan sumber air, karena itu tak perlu merasa aneh atau heran jika penduduk disekitar hutan yang kita lalui harus berjalan jauh sambil membawa jurigen untuk menuju sumber mata air yang ada.
Pantai tablolong yang memiliki panjang garis pantai mencapai 3 Km ini merupakan pantai yang ada di bagian barat Pulau Timor. Pantai ini dihiasai dengan hamparan pasir yang berwarna putih sejauh mata memandang. Pantai ini juga sudah sering dijadikan sebagai tempat perlombaan dayung baik tingkat daerah, nasional atau bahkan tingkat internasional.

Jika air pantai sedang surut biasanya akan banyak anak-anak nelayan dari kampong setempat yang bermain-main dipantai sambil mencari keong atau kepiting kecil disela batu-batuan. Disekitar pantai tablolong juga terdapat sebuah danau, menurut penuturan dari warga sekitarnya bahwa didanau tersebut masih ada buayanya. Selain itu pada saat-saat tertentu pantai ini sering dijadikan arena lomba memancing, siapapun boleh ikut termasuk para wisatawan yang berkunjung ke pantai tablolong ini.

No comments:

Post a Comment