Tuesday 4 February 2014

Berwisata Menengok Keindahan Pulau Semau Kupang Nusa Tenggara Timur

backpacker-wisata.blogspot.com

Pulau semau merupakan salah satu pulau yang ada diwilayah kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur. Pulau Semau hanya terdiri dari dua kecamatan yaitu kecamatan semau atau lebih dikenal masyarakat dengan nama semau utara dan yang satunya lagi adalah kecamatan semau selatan. Nama asli dari pulau semau ini adalah Nusa Bungtilu. Nusa Bungtilu sendiri berarti sebagai pulau bunga tiga warna. Yang dimaksud dengan bunga disini bukanlah arti bunga yang sebenarnya, melainkan kapas yang sering digunakan untuk menenun kain adat.  Warna dari ketiga kain adat yang dimaksut adalah warna merah, putih dan warna hitam.

Kain adat tesebut merupakan kain adat yang biasanya dipakai oleh ketiga suku yang ada di pualu semau. Kain yang dominan berwarna putih merupakan perlambang dari suku Helong, yaitu suku yangmenjadi penduduk asli pulau Semau. Kain yang dominan berwarna merah merupakan kain adat dari suku Timor. Sedangkan kain yang dominan warna hitam merupakan kain yang mewakili Rote.

Sebagian besar orang menganggap jika pulau ini terasa kering dan gersang.Namun dibalik kering dan gersangnya pulau semau tersebut menyimpan keindahan pantai yang sangat menawan. Mungkin memang belum banyak wisatawan yang mengenal akan keindahan pantai yang dimiliki pulau semau Kupang Nusa Tenggara Timur ini. Pulau semau hanya berjarak sekitar 30 Km saja dari kota kupang, jadi jika wisatawan yang ingin berkunjung ke pulau ini tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama dari Kupang.

Salah satu pantai yang sangat harus dikunjungi oleh wisatawan yang datang pulau semau adalah pantai bukit liman, masyarakat setempat menyebutnya dengan nama pantai gunung liman. Pantai ini benar-benar menawarkan keindahan bagi setiap wisatawan yang datang. Keindahan yang paling mengagumkan adalah pada saat matahari mulai terbenam atau pada saat sunset.

No comments:

Post a Comment