Wednesday 12 February 2014

Berwisata Melihat Keindahan Air Terjun Ogi Bajawa Flores Nusa Tenggara Timur

backpacker-wisata.blogspot.com

Salah satu tempat wisata yang bisa kita kunjungi saat berada di Bajawa Flores Nusa Tenggara Timur adalah wisata air terjun Ogi. Air terjun ini hanya berjarak sekitar 8 Km dari bajawa, atau kurang lebih hanya sekitar 25 menit perjalanan dari Bajawa.
Kondisi jalan yang harus dilalui untuk bisa sampai kelokasi ini memang sedikit curam dan berkelok-kelok, bagi wiasatawan yang baru pertama kali datang ke air terjun Ogi tanpa ada pemandu disarankan untuk sedikit berhati-hati karena kondisi jalan terserbut. Kondisi jalan inilah yang membuat waktu tempuh antara air terjun ogi dengan bajawa jadi sedikit lebih lama.

Air terjun Ogi ini berlokasi bukan pada bibir jalan, tapi dari jalan utama kita masih harus masuk lagi sejauh beberapa ratus meter dengan berjalan kaki. Untuk kendaraan yang umumnya dipakai oleh para wisatawan dapat diparkir pada sekitar jalan sebelum jalan masuk ke air terjun ini. penunjuk jalan yang ada untuk menuju ke lokasi wisata air terjun ini sangatlah minim, jadi sangat disarankan bagi wisatawan yang akan berkunjung kesini haruslah banyak-banyak menggali informasi dengan bertanya pada penduduk lokal maupun petugas hotel yang menjadi tempat menginap anda.

Pada kiri dan kanan jalan yang menuju air terjun ini kita dapat menikmati hijaunya pemandangan pepohonan dan hamparan padi milik para penduduk setempat. Air terjun Ogi memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Air terjun ini sebelumnya pernah juga dipakai oleh PLN sebagai salah satu sumber penghasil listrik namun sekarang sudah tidak lagi di operasikan lagi.

Air dari air terjun ogi ini sekarang hanya dimanfaatkan oleh poendududk sekitar sebagai sarana irigasi untuk mengairi sawah. Disamping air terjun ogi ini terdapat sebuah tangga yang terbuat dari besi yang menuju kea rah puncak air terjun.  Disekitaran tebing air terjun ogi ini kita juga bisa menjumpai banyak monyet yang berkeliaran.

No comments:

Post a Comment