Monday 3 February 2014

Berwisata Melihat Keindahan Air Terjun Cunca Radi Ntangis dan Cunca Wek Pulau Flores Nusa Tenggara Timur

backpacker-wisata.blogspot.com

Air terjun Cunca Radi Ntangis dan Cunca Wek adalah dua buah air terjun yang terdapat dipulau Flores. Atau lebih tepatnya berada pada desa Uluwae yang berada pada kecamatan Poco Ranaka kabupaten Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur. Air terjun yang tersembunyi diantara perkebunan kopi ini memiliki keindahan yang menawan.

Disekitaran air terjun selain terdapat perkebunan kopi juga banyak terdapat kolam yang berisi air tawar milik warga setempat. Desa Ulu Watu memang terkenal sebagai salah satu desa yang menjadi penghasil kopi baik jenis Arabika maupun Robusta.
Air terjun Cunca Radi Ntangis adalah air terjun yang bertingkat-tingkat dengan ketinggian sekitar 50 meter. Pada sekeliling air terjunini terdapat hutan yang masih lebat sehingga sering kali disekitaran air terjun ini menjadi tempat hinggap bagi para Rajawali atau Ntangis. Karena itulah nama dari air terjun ini adalah Cunca Radi Ntangis. Dalam bahasa masyarakat setempat kata Cunca sendiri sebenarnya memiliki arti air terjun.

Sedangkan air terjun yang satunya yaitu air terjun Cunca Wek terletak sekitar 200 meter pada sebelah timur dari air terjun Cunca Radi Ntangis. Air terjun Cunca Wek sendiri memiliki ketinggian yang lumayan terjal yaitu sekitar 150 meter. Selain itu aliran air yang ada di air terjun Cunca Wek juga termasuk lebih besar jika dibandingkan dengan air terjun Cunca Radi Ntangis.

No comments:

Post a Comment