Thursday 6 February 2014

Wisata Batu Termanu Pulau Rote Nusa Tenggara Timur

backpacker-wisata.blogspot.com

Batu Termanu adalah salah satu tempat wisata yang ada di Pulau Rote Nusa Tenggara Timur. Jika kita ingin menuju kesana maka kita dapat menggunakan kapal feri yang akan memakan waktu sekitar 6 jam perjalanan, atau jika kita tidak ingin berlama-lama diperjalan maka kita dapat menggunakan kapal cepat yang hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam. harga tiket untuk sekali naik kapal feri sekitar Rp 40.000 per orang, sedangkan untuk tariff kapal cepat akan dikenakan harga tiket sebesar Rp 165.000 untuk kelas VIP dan sebesar 125.000 untuk mereka yang menggunakan kelas eksekutif.

Jika kita telah mencapai pulau Rote maka kita dapat melanjutkan perjalan ke areal wisata batu termanu dengan menggunakan angkutan umum selama kurang lebih setengah jam perjalanan. Batu termanu adalah obyek wisata yang terletak disebuah desa yang bernama Feapopi yang ada di kecamatan Rote Tengah. Pemandangan yang ada disekitar pantai termanu ini memang luar biasa indahnya. Sehingga banyak sekali wisatawan yang berkunjung kesini untuk menikmati pemandangan dan melakukan penyelaman. Karena selain panoramanya yang indah pantai termanu juga memiliki berbagai macam jenis terumbu karang. Di areal wisata batu termanu ini juga merupakan habitat perkembangan ikan kerapau, karena itu tempat ini juga sangat cocok bagi mereka yang gemar memancing.

Sebagaimana berbagi tempat wisata yang selalu memiliki cerita mitos, maka begitu pula dengan batu termanu yang ada di pulau rote ini. menurut cerita masyarakat setempat bahwa dahulu batu termanu sering bergerak sendiri untuk menghampiri sang kekasih yang bernama batu putri. Batu putri sendiri terletak dilaut Timor. Karena masyarakat sekitar yang sering ketakutan karena meyaksikan batu termanu bergerak menghampiri batu putrid maka akhirnya kepala adat setempat memaku batu termanu agar tidak lagi bisa bergerak menhampiri kekasihnya yaitu batu putri.

Jika kita sedang beruntung berkunjung ke pantai termanu ini pada pagi hari maka terkadang kita akan bisa menyaksikan kawanan lumba-lumba yang sedang bermain-main disekitaran batu termanu.

No comments:

Post a Comment