Friday 31 January 2014

Mengintip Keindahan Tempat Wisata Pantai Manikin Di Kupang Nusa Tenggara Timur

backpacker-wisata.blogspot.com

Kota kupang memang banyak sekali memiliki tempat wisata yang berupa pantai sebagai mana salah satunya adalah Pantai Manikin. Kota kupang yang berada pada propinsi Nusa Tenggara Timur ini memang berada pada wilayah kepulauan. Maka wisata pantai seakan bertebaran diwilayah tersebut. Indonesia memang kaya dengan pulau-pulau yang memiliki pantai-pantai yang elok.

Selain pantai manikin dikota Kupang ini juga terdapat pantai lain yang letaknya tidak terlalu berjauhan, salah satunya adalah pantai Lasiana dan pantai Nunsui. Pantai manikin tersebut hanya berjarak sekitar 13 Km saja dari pusat kota Kupang, sehingga tak heran jika pantai ini sering menjadi salah satu tujuan wisata terutama bagi masyarakat sekitar Kupang apalagi pada saat-saat musim liburan.

Jika air laut yang ada dipantai Manikin sedang surut maka kita akan dapat melihat bahwa garis pantai yang ada disini sebenarnya sangat panjang dan luas, namun pada saat air laut mengalami pasang maka garis pantai tadi akan menghilang tertutup air laut. Tidak tanggung-tanggung, sekitar 3 Km garis pantai bisa tertutupi air laut pada saat pantai manikin sedang pasang.

Untuk menghindari semakin menyempitnya garis pantai karena pasangnya air laut maka pemerintah setempat berinisiatif untuk membangun sebuah tanggul guna mengurangi dampak pasangnya air laut pada pantai manikin tersebut. Selain membuat tanggul disebagian garis pantai ini juga telah tedapat tanggul alami yang berupa deretan pepohonan. Deretan pepohonan tersebut juga sangat membantu dalam mencegah proses erosi yang disebabkan oleh gelombang pasang dari laut.

Dilaut sekitaran pantai manikin ini juga merupakan salah satu habitat perkembangan bagi berbagai hewan laut seperti jenis ikan paus. Bahkan pernah ada kasus ikan paus yang terdampar dipantai manikin pada saat air laut sedang mengalami surut. Selain erupakan habitat bagi jenis paus laut yang ada disini juga merupakan habitat bagi jenis buaya air asin. Meskipun pantai manikin merupakan habitat bagi buaya air asin namun pantai ini cukup aman bagi para pengunjung, karena biasanya buaya yang ada disekitaran pantai tersebut akan menghindari kontak dengan manusia.

Kondisi fasilitas penunjang yang ada dipantai manikin ini juga sudah tergolong memadai, sudah ada toilet dan kamar mandi umum yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk membersihkan diri setelah mereka bermain air dipantai manikin ini.

No comments:

Post a Comment