Thursday 30 January 2014

Melihat Keindahan Wisata Hutan Camplong Kupang Nusa Tenggara Timur

backpacker-wisata.blogspot.com

Salah satu wisata yang ada diwilayah Nusa Tenggara Timur adalah hutan Camplong. Hutan ini tepatnya terletak di kota Kupang yang merupakan ibukota propinsi Nusa Tenggara Timur, tepatnya masuk dalam wilayah kecamatan Fatuleu. Jika kita ingin menuju ke areal wisata hutan camplong tersebut maka kita masih harus menempuh jarak sekitar 46 km dari Kupang. Hutan camplong ini berada dikaki gunung Fatuleu dan merupakan habitat hidup bagi para fauna yang dilindungi oleh pemerintah.

Pada kawasan wisata hutan Camplong ini juga terdapat penangkaran berbagai hewan khas Nusa Tenggara Timur yang terancam oleh kepunahan semisal buaya, Rusa Timor dan jenis ular sanca. Dihutan ini kita dapat menemukan hewan endemik asli yang hidup dialam liar seperti misalnya merpati punggung hitam, rusa timor, dan kakaktua. Selain merupakan habitat berbagai fauna hutan camplong juga ditumbuhi oleh kayu cendana yang merupakan tumbuhan endemik pulau Timor.

Selain menyimpan banyak flora dan fauna yang merupakan endemik wilayah tersebut hutan camplong juga banyak menyimpan sumberdaya alam yang dapat dijadikan sebagai magnet untuk menarik para wisatawan agar mau berkunjung diantaranya: sumber mata air dan kolam yang terbentuk secara alami. Hal lain yang dapat dijadikan sebagai daya tarik wisata adalah adanya gua buatan jaman Jepang yang merupakan sisa sejarah pada masa Perang Dunia II. Gua tersebut dibuat oleh para tentara Jepang sebagai persembunyian pada saat tentara Jepag diserbu oleh masyarakat sekitar.

No comments:

Post a Comment