Wednesday 29 January 2014

Kolam Renang Baumata Wisata Dengan Sumber Mata Air Alami Dari Kupang

backpacker-wisata.blogspot.com

Tempat wisata yang bernama kolam renang Baumata ini terletak pada sebuah desa yang bernama Baumata yang berjarak kurang lebih sekitar 16 Km dari pusat kota Kupang Nusa Tenggara Timur, atau lebih tepatnya wisata tersebut berada pada wilayah kecamatan Kupang Tengah.

Kolam renang baumata ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan terutama pada saat-saat musim liburan. Tempat wisata yang satu ini menyajikan pemandangan hutan alam sebagai salah satu pilihan bagi para turis yang berkunjung. Selain karena keindahan hutan alam yang dimilikinya tempat wisata kolam renang bumata ini juga terkenal karena keberadaan sumber mata air alami.

Mata air alami tersebut sekarang dikelola oleh perusahaan air minum Aquamor. Perusahaan tersebut mendistribusikan air minum yang bersumber dari mata air baumata ke seluruh wilayah Nusa Tenggara Timur. Selain dikelola oleh perusahaan air minum Aquamor, mata air alami yang ada di Baumata ini juga merupakan sumber suplai utama bagi kota Kupang yang pengelolaanya diatur oleh PDAM kota kupang.

Mata air alami tersebut juga digunakan sebagai pengisi kolam renang yang merupakan salah satu fasilitas dari obyek wisata ini. Kolam renang baumata tersebut diperuntukan bagi dewasa dan anak-anak. Selain adanya kolam renang daya tarik yang lain dari wisata yang satu ini adalah adanya sebuah gua yang jaraknya tidak terlalu jauh dari kolam renang baumata tersebut. Gua tersebut mungkin hany berjarak sekitar 300 meter. Didalam dinding gua tersebut kita dapat melihat stalaktit dan stalakmit yang terbentuk secara alami.

Masyarakat disekitar obyek wisata kolam renang baumata menyebut gua alam tersebut dengan nama gua Jepang. Karena pada masa terjadinya perang dunia ke II gua tersebut merupakan salah satu tempat persembunyian bagi para tentara Jepang. Selain gua Jepang disekitar kolam renang baumata juga terdapat kolam alami yang ditumbuhi oleh bunga teratai dan menjadi habitat bagi berbagai jenis ikan air tawar dan udang.

No comments:

Post a Comment