Tuesday 28 January 2014

Berwisata Mencicipi Kuliner Khas Kota Sumbawa Nusa Tenggara Barat

backpacker-wisata.blogspot.com

Sepertinya ada yang kurang jika kita berwisata kesuatu tempat atau daerah tapi tidak sekaligus mencicipi atau merasakan makanan khas yang bisanya juga merupakan wisata kuliner yang harus dicoba oleh para wisatawan yang datang kedaerah tersebut. Salah satu tempat yang memiliki kuliner yang harus kita coba adalah Sumbawa yang ada di Nusa Tenggara barat.

Kota yang memiliki berbagai tujuan wisata yang indah ini ternyata juga memiliki wisata kuliner yang tidak kalah lezatnya jika dibandingkan dengan kota-kota lain yang ada diwilayah Nusantara. Salah satu kuliner khas dari Sumbawa adalah Singang. Singang adalh jenis makanan yang berbahan ikan bandeng atau ikan kakap yang masih segar dengan bumbu berupa rempah-rempah. Makanan yang satu ini memiliki tampilan yang terlihat mirip dengan gulai dengan rasa yang sedikit masam namun sangat lezat. Makanan khas ini mudah sekali ditemukan di daerah Sumbawa Nusa Tenggara Barat.

Kuliner khas Sumbawa yang berikutnya juga memiliki bahan ikan segar yang dinamakan ikan celup kuah sepat. Makanan yang satu ini biasanya menggunakan bahan ikan baronang maupun ikan kakap dengan ukuran sedang. Ikan tersebut akan dibakar terlebih dahulu sebelum disajikan. Penyajianya akan ditemani dengan irisan mentimun dan sambal tomat serta kuah sepat yang terbuat dari daun aru, mangga muda, terong, mentimun, asam Sumbawa, kemiri, tomat dan blimbing wuluh yang dituangi air tanpa dimasak dahulu. Jadi jangan heran jika rasa dari ikan celup kauh sepat ini hampir mirip dengan acar.

Kuliner khas Selanjutnya bernama gecok. Bahan utama yang digunakan oleh makanan khas Sumbawa yang satu ini adalah daging sapi dan jerohanya. Kedua bahan tersebut kemudian dimasak dengan cara ditumis terlebih dahulu dan dibalut dengan menggunakan parutan kelapa yang sudah diberi bumbu.

Makanan asli Sumbawa yang berikutnya dinamakan bubur palopo. Menurut bahasa asli Sumbawa bubur palopo berarti bubur kerbau. Terdengar cukup unik nama bubur tersebut, tapi begitulah adanya. Karena bubur tersebut memang terbuat dari susu segar yang diperah dari kerbau dengan ditambah gula merah dan air kukusan dari terong kuning. Bubur yang merupakan sajian khas masyarakat Taliwang Sumbawa Barat ini katanya dapat membantu memulihkan stamina dan menambah vitalitas bagi mereka yang mengkonsumsinya.
Itulah beberapa wisata kuliner yang merupakan makanan khas dari Sumbawa Nusa Tenggara Barat. Jika anda berniat untuk mengunjungi salah satu tempat wisata yang ada di Sumbawa Nusa Tenggara barat jangan lupa untuk mencicipi beberpa kuliner khas tersebut.

No comments:

Post a Comment