Saturday 7 December 2013

Taman Suranadi Lombok, Taman Wisata Sejarah, Budaya dan Pendidikan

  
     Taman suranadi ini merupakan objek wisata yang dijadikan salah satu andalan bagi pulau Lombok karena seakan tidak pernah sepi dari pengunjung. Letak taman Suranadi yang dekat dengan bandara Selaparang Mataram menjadikan taman ini memiliki letak yang sangat strategis dan mudah untuk dikunjungi para wisatawan. Taman ini hanya berjarak 15 km dari bandara sehingga hanya dibutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk menjangkaunya
    Taman yang mempunyai luas kurang lebih 52 hektar ini tlah di tetapkan sebagai sebuah kawasan konservasi, shingga tidak hanya difungsikan sebagai kawasan wisata namun juga sebagai lokasi untuk penunjang pendidikan, budaya dan kawasan penelitian.
Pada kawasan wisata Taman Suranadi ini ada lima buah mata air yang pertama bernama Mata Air Toya Tabah, yang kedua bernama Mata Air Toya Pabersihan, yang ketiga bernama Mata Air Toya Panglukatan,yang keempat bernama  Mata Air Tirta, sedangkan yang kelima bernama Mata Air Pangentas.
    Menurut cerita yang beredar bahwa mata air tersebut tercipta setelah kedatangan seorang pendeta sakti dari India yang bernama Dang Hyang Nirarta. Pada saat pendeta sakti tersebut berada pada Taman Suranadi yang masih berupa hutan lebat dia menancapkan tongkatnya pada lima tempat, bekas tancapan tongkat pendeta tersebut yang sekarang menjadi mata air tersebut
    Mata air tersebut dianggap sebagai mata air suci bagi umat hindu, sehingga mereka menggunakan mata air tersebut untuk membersihkan diri pada saat akan melakukan kegiatan sembahyang.
    Selain menawarkan wisata sejarah taman Suranadi Lombok juga memiliki keaneka ragaman flora dan fauna. Banyak jenis flora yang tumbuh pada taman Suranadi ini semisal pohon turut , kemiri, pohon suren dan berbagai macam pohon-pohon yang lain. Untuk jenis fauna yang menghuni taman Suranadi ini antara lain berbagai jenis kera, ular, berbagai jenis burung, biawak dan masih banyak yang lainya.
    Taman ini juga dilengkapi berbagai perlengkapan penunjang semisal hotel, pusat informasi, taman bermain, ruang pertemuan, teater terbuka, bumi perkemahan, toilet dan berbagai fasilitas penunjang yang lain.

Tidak mengherankan jika pulau Lombok juga semakin terkenal sebagaimana pulau Bali. Banyak wisatawan yang berkunjung ke pulau ini merasa takjub dan terkesima dengan keindahan alamnya yang sangat menarik. Salah satu tempat wisata yang menawarkan keindahan alam yang ada di pulau Lombok adalah Taman Suranadi.

No comments:

Post a Comment