Tuesday 10 December 2013

Keindahan Wisata Air Terjun Sendang Gile Lombok Utara


Jika kebanyakan tempat wisata yang bisa kita kunjungi di pulau Lombok adalah wisata pantai mungkin tempat wisata yang satu ini bisa kita jadikan alternatif untuk dikunjungi. Tempat wisata yang satu ini adalah wisata yang berupa air terjun yang bernama Sendang Gile. Air terjun Sendang Gile ini lebih tepatnya terletak pada sebuah desa yang bernama Senaru kecamatan Bayan Lombok Utara.

Untuk mencapai lokasi air terjun ini diperlukan waktu tempuh sekitar 2 sampai 3 jam dari kota Mataram. Jarak yang harus ditempuh dari Mataram adalah sekitar 60 km. untuk menuju air terjun sendang gile dari kota Mataram ada dua rute yang dapat kita jadikan pilihan. Rute yang pertama bisa kita tempuh dengan melewati Pusuk sedangkan untuk rute yang kedua adalah dengan melewati pantai Senggigi.

Setelah kita sampai pada desa Senaru maka kita masih diharuskan menempuh perjalanan dengan berjalan kaki untuk menuruni 315 anak tangga untuk bisa sampai pada air terjun sendang gile. Kita harus menyusuri anak tangga tersebut selama kurang lebih sekitar 15 sampai 20 menit dengan melewati lembah yang lumayan terjal.

Menurut cerita masyarakat setempat, nama Sendang Gile bermula ketika para penduduk sedang memburu seekor singa gila yang membuat onar. Singa gila tersebut berlari dan masuk hutan yang ada di kaki gunung Rinjani. Masyarakat setempat menyebut singa gila dengan nama sengang gile, namun seiring berjalanya waktu pelafalan kata sengang gile menjadi sendang gile.

Air  terjun Sendang Gile memiliki ketinggian sekitar 31 meter dengan dua tingkatan. Masyarakat juga percaya bahwa barang siapa yang mandi atau membasuh muka dengan air terjun sendang gile maka akan menjadi awet muda.

No comments:

Post a Comment