Thursday 12 December 2013

Keindahan Sunset Pura Batu Bolong di Pantai Senggigi


Memang seakan tidak ada habisnya membahas tempat-tempat  wisata yang ada di pulau Lombok ini. Pulau yang satu ini ternyata sangat banyak memiliki daerah tujuan wisata yang sangat menarik untuk kita kunjungi. Mulai dari wisata alam, laut maupun religi. Untuk kali ini tempat wisata yang akan kita ulas adalah Pura Batu Bolong yang ada di salah satu pantai terkenal di pulau Lombok ini yaitu pantai Senggigi.

Pura Batu Bolong ini sering dikatakan mirip atau disejajarkan dengan pura yang ada di Tanah Lot di Pulau Bali.  Pura Batu Bolong berada pada garis pantai yang menghadap kearah selat Lombok dan Tepat berhadapan denagn gunung Agung yang ada di Bali. Di namakan Pura Batu Bolong karena pura yang satu ini berada pada sebuah batu yang tengahnya berlubang atau bolong.
Pura ini memiliki dua bangunan, bangunan yang pertama bernama Pura Ratu Gede Mas Mecaling. Pura tersebut dapat kita jumpai setelah melewati pintu masuk. Untuk bangunan pura yang kedua bisa kita jumpai diatas batu karang yang memiliki ketinggian kurang lebih 4 meter dengan posisi menjorok ke laut.
   
Pura Batu Bolong yang ada dipulau Lombok ini tidak bisa kita pisahkan dari cerminan tradisi masyarakat hindu yang ada disekitarnya. Tradisi yang ada pada masyarakat hindu yang ada disini tidaklah bisa dilepaskan dengan tradisi masyarakat hindu yang ada di Pulau Bali, karena secara historis keduanya memiliki kedekatan. Salah satu keunikan yang ada disini adalah pada saat datang hari lebaran maka akan banyak umat muslim yang ada di Pulau Lombok mendatangi pura ini, meraka akan makan beramai-ramai disekitar kawasan pura ini.

Sebagaimana dengan pura pada umumnya, ada aturan yang harus ditaati oleh para pengunjung pura, tidak terkecuali pula dengan Pura batu Bolong ini. Mereka yang berkunjung ke pura ini haruslah melilitkan kain selendang warna kuning ke pinggang, selain itu bagi wanita yang sedang dating bulan tidak di ijinkan untuk memasuki pura.

Pura ini memang sangat indah, apalagi jika kita berkunjung pada sore hari. Karena letaknya yang ada di pantai senggigi maka tidak heran jika banyak orang yang datang kesini untuk menikmati keindahan sunsetnya. Bahkan tidak jarang pula jika keindahan sunsetnya juga banyak menarik minat bagi mereka yang gemar dengan fotografi.

No comments:

Post a Comment