Friday 6 December 2013


Taman Wisata Narmada Lombok Barat

     Nama pulau Lombok mungkin sudah tidak asing lagi bagi telinga kita. Pulau yang satu ini merupakan pulau yang memiliki keindahan luar biasa yang tidak kalah dengan pulau tetangganya yaitu pulau Bali, karena itu tidak heran jika Lombok juga sering menjadi tujuan bagi para wisatawan baik asing maupun domestik. Selain memiliki keindahan pantai yang menawan Pulau Lombok juga memiliki tempat wisata lainya yang menarik untuk kita kunjungi, yaitu Taman Narmada.
     Tempat wisata yang bernama Taman Narmada ini berjarak kurang lebih sekitar 10 kilometer ke arah timur dari kota Mataram yang merupakan ibukota Lombok, tepatnya pada sebuah desa yang bernama Lembuak kecamatan Narmada Lombok Barat.
    Taman yang memiliki luas kurang lebih 2 hektar ini dibangun oleh Anak Agung Karang asem yang merupakan seorang raja kerajaan Mataram Lombok pada sekitar tahun 1727. Tujuan utama dari pembangunan taman ini pada awalnya adalah sebagai tempat diadakanya upacara Pakelem yang selalu diadakan pada pada tahun Caka tiap purnama yang kelima. 
    Nama Taman Narmada sendiri sebenarnya berasal dari kata Narmadanadi yang merupakan nama dari sebuah anak sungai Gangga yang terdapat di India. Taman Narmada ini telah mengalami beberapa kali pemugaran. Ada beberapa bagian pada komplek dari Taman Narmanda ini.
    Bagian yang pertama dalah gerbang utama yang berada pada bagian utara komplek taman tersebut yang berbentuk Bentar. Jika kita melewati gerbang tersebut maka kita akan menemukan telaga kembar yang ada pada sebuah halaman yang bernama jabalkab. Ada gapura yang disebut Paduraksa pada bagian selatan halaman jabalkab tersebut.
    Paduraksa merupakan gapura yang akan menghubungkan antara jabalkab dengan halaman mukedes.  Pada mukedes ini kita bisa menjumpai beberapa bangunan yang bernama Balai Lijo, Sanggah Pura dan Balai Pamerajan. Di bagian tenggara dari halaman ini ada sebuah gapura yang menghubungkan dengan balai pasarean yang merupakan tempat peristirahatan raja dengan bentuk panggung  yang kesemuanya berbahan dari kayu.
    Dibagian timur halaman pasarean terdapat ada sebuah pura yang kita kenal dengan nama Pura Narmada. Bentuk dari pura Narmada seperti punden berundak. Sedangkan pada sebelah selatan pasarean terdapat halaman Patandaan dengan bangunan sakapat atau panggung terbuka dengan empat buah tiang.

No comments:

Post a Comment