Monday 30 December 2013

Keindahan Air terjun Tiu Kelep Dari Pulau Lombok


Bagi para wisatawan yang berkunjung ke pulau Lombok akan kurang lengkap rasanya jika tidak singgah di Air Terjun Tiu Kelep. Air terjun ini berjarak kurang lebih sekitar 60 km dari kota Mataram, sehingga memerlukan waktu tempuh kurang lebih 2 atau 3 jam perjalanan. Perjalanan ke air terjun Tiu Kelep dapat kita lakukan dengan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat dikarenakan tidak adanya angkutan umum yang menuju ke air terjun ini.

Untuk menuju ke air terjun Tiu Kelep kita dapat menggunakan dua jalur yaitu dengan melalui Pantai Senggigi atau jalur yang kedua yaitu dengan melalui Pusuk. Akses yang menuju air terjun ini masih tergolong sulit karena setelah kita menggunakan kendaraan maka kita masih diharuskan menempuhnya dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak dengan melalui hutan maupun menyeberangi sungai dengan kondisi jalan yang berbatu-batu. Ada baiknya jika anda akan berkunjung ke air terjun Tiu Kelep sebaiknya anda menyewa seorang guide yang akan menjadi penunjuk jalan.

Air Terjun Tiu Kelep memiliki ketinggian kurang lebih 42 meter dengan bentuk yang bertingkat-tingkat. Aliran airnya cukup deras sehingga membentuk sebuah kolam pada tempat jatuhnya air dengan kedalaman sekitar sepinggang sehingga para wisatyawan yang berkunjung dapat berenang di air terjung Tiu Kelep ini. Menurut mitos yang beredar bahwa siapa saja yang mandi di air terjun ini maka dia akan awet muda.

Menurut bahasa Sasak yang merupakan bahasa asli masyarakat Lombok tiu memiliki arti air terjun, sedangkan kata kelep memiliki arti terbang. Sehingga arti dari tiu kelep adalah air terjun tempat buih air beterbangan. Jika kita beruntung maka kita akan melihat pelangi-pelangi kecil yang ada di air terjun tiu kelep ini karena buih-buih air yang terkena sinar matahari.

No comments:

Post a Comment