Friday 28 September 2012

Pura Tanah Lot Bali, Wisata Budaya Di Tepi Pantai

backpacker-wisata.blogspot.com
Salah satu tempat wisata yang tidak kalah menariknya dengan tempat wisata lainya yang ada di pulau Bali adalah Tanah Lot. Objek wisata yang satu ini tepatnya terletak di Desa Beraban, Kecamatan Kediri kabupaten Tabanan Bali. Objek wisata ini terkenal dengan puranya yang ada di bibir pantai. Pura Tanah Lot tersebut dibangun oleh seorang brahmana yang dari tnaha Jawa yang dating mengembara ketempat tersebut. Brahmana tersebut adalah Danghyang Nirartha, yang menjadikan penduduk Bali percaya akan agama Hindu.

Pura yang ada di Tanah Lot ini akan dikelilingi oleh air laut saat terjadi ombak pasang. Pada bagian bawah dari pura ini terdapat sebuah goa yang didalamnya terdapat ular laut dengan ciri berekor pipih seperti ikan dan memiliki lingkar badan berwarna kuning dan hitam. Ular tersebut diyakini sebagai jelmaan dari selendang pendiri pura tersebut yang bertugas sebagai penjaga dari Pura.

Jika kita berkunjung ke Pura Tanah Lot tersebut, mulai dari tempat parker sampai sepanjang pura tersebut kita kan banyak menjumpai took-toko kerajinan yang menjual berbagai barang daganganya., mulai dari lukisan, pernak-pernik, kain pantai, patung dan bermacam-macam aksesoris. Harga yang ditawarkan oleh para poedagangany juga relatif murah untuk kantong para wisatawan baik local maupun wisatawan manacanegara yang berkunjung ke Bali.

backpacker-wisata.blogspot.com

Disekitar tempat wisata ini kita juga bisa dengan mudah menemukan banyak penginapan mulai dari yang sederhana, villa hingga hotel yang berbintang. Pura Tanah Lot ini pada umumnya sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan pada sore hari. Karena kebanyakan wisatawan yang dating ke pura ini ingin memikmati suasana pada saat matahari terbenam. Selain itu biasanya beberapa hotel yang ada diareal pura tanah lot juga mengadakan pertunjukan acara tari-tarian tradisional Bali pada malam hari.

No comments:

Post a Comment