Sunday 2 February 2014

Berwisata Ke Pantai Air Cina Kupang Nusa Tenggara Timur

backpacker-wisata.blogspot.com

Pantai Air Cina yang ada dikota Kupang Nusa Tenggara Timur ini mungkin tidak sepopuler sebagaimana pantai-pantai lain yang ada dikota Kupang. Pantai ini sebenarnya lebih sering menjadi tujuan tempat memancing maupun mencari ikan bagi para nelayan dan orang-orang yang hobi memancing. Maka tidak heran jika pantai ini terlihat sepi daripada pantai-pantai lai yang sering menjadi tujuan wisata yang ada di Kupang.

Selain sebagai tujuan bagi para pemancing pantai air cina juga merupakan daerah pantai yang difungsikan sebagi tempat pengembangan dan pembudidayaan rumput laut oleh masyarakat sekitarnya. Maka tidak perlu merasa aneh jika kita berkunjung ke pantai air cina ini dan melihat ada banyak botol-botol yang terapung dipantai. Botol-botol tersebut memang difungsikan untuk membantu pembudidayaan rumput laut agar terapung.

Akses yang menuju ke pantai air cina ini tidak semulus pantai-pantai lainya yang ada di Kupang, karena ada sebagian jalanya yang belum beraspal. Diperlukan waktu kurang lebih 10 menit untuk menulusuri jalanan yang tidak beraspal tersebut dari jalur utama. Karena aksesnya yang kurang kurangmenunjang inilah makanya pantai ini menjadi sepi dari wisatawan dan pengunjung.

Bagi wisatawan yang menginginkan suasana yang jauh dari kebisingan kota maka berwisata kepantai air cina sangatlah cocok, karena tempatnya yang sepi dan jauh dari keramaian. Hal lain yang bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan adalah adanya mercusuar dipantai ini. mercusuar tersebut dibangun karena diperairan sekitar pantai air cina banyak terdapat batu karang yang dapat membahayakan bagi jalur pelayaran maupun bagi para nelayan yang sedang melaut.

Karang yang ada disini bukan hanya ada pada perairan saja, namun juga banyak terdapat disepanjang garis pantai air cina. Bahkan jika kita berada dipantai maka kitakan bisa melihat banyak karang yang menyembul dari hamparan pasir yang ada dipantai Cina ini.

No comments:

Post a Comment