Sunday 2 February 2014

Berwisata Ke Gunung Inere Pulau Flores Nusa Tenggara Timur


backpacker-wisata.blogspot.com
Gunung Inere merupakan salah satu tujuan wisata yag ada di Pulau Flores Nusa Tenggara Timur. Gunung ini masih aktif dan menurut catatan pernah meletus pada tahun 1882 dan pada tahun 1970. Gunung Inere yangada di pulau flores ini memiliki ketinggian tidak kurang dari 2.200 m dari permukaan laut.

Gunung Inere tepatnya berada di kota Bajawa yang merupakan ibukota dari kabupaten Ngada. Jika kita berhasil mendaki sampai ke puncak gunung maka kita dapat menyaksikan keindahan kota Bajawa. Kota Bajawa akan terlihat diselimuti oleh kabut tipis diatasnya sehingga akan terlihat sangat mirip dengan kota-kota yang ada di daerah Eropa.

Pada bagian selatan puncak gunung Inere tersebut para wisatawan dapat menyaksikan sebuah batu besar yang dipercayai masyarakat lokal sebagai jelmaan dari Jaramasi beserta kuda yang menjadi tungganganya. Masyarakat disekitar gunung Inere percaya bahwa Jaramasi adalah ksatria yang menjadi penjaga Gunung Inere. Jaramasi sendiri berasal dari dua kata yaitu “jara” yang memiliki arti kuda dan “masi” yang merupakan nama dari seorang laki-laki.

Bagian barat dari lereng gunung Inere masih berupa hutan yang lebat, sedangkan pada bagian selatan lereng gunung tersebut hutan yang ada telah dirubah menjadi perkebunan. Gunung Inere biasanya akan ramai didatangi para wisatawan yang akan mendaki gunung pada saat musim kemarau yaitu antara bulan Juni hingga pada bulan Agustus.

Jika kita ingin berwisata ke gunung Inere yanga da dipulau Flores ini maka dari Kupang yang merupakan Ibukota Nusa Tenggara Timur kita dapat menggunakan pesawat yang menuju ke Ende. Dari kota Ende perjalanan masih harus dialnjutkan lagi sejauh kurang lebih 61 km menuju kearah Bajawa. Jika para wisatawan telah sampai dikota Bajawa maka mereka harus menuju sebuah desa yang bernama Bena. Desa tersebut adalah desa terakhir yang ada di lereng Gunung Inere. Di desa ini juga tersedia losmen yang bisa digunakan menginap bagi wisatawan yang berkunjung ke gunung Inere.

No comments:

Post a Comment