Friday 20 December 2013

Air Terjun Coban Rondo, Antara Mitos Dan Keindahan


Jika anda sedang berjalan-jalan atau hendak berwisata ke wilayah Batu Malang akan terasa kurang lengkap rasanya jika tidak menyempatkan diri untuk mengunjungi air terjun yang ada di daerah Pujon ini. Nama air terjun Coban Rondo sudah bukan nama yang asing lagi ditelinga warga Malang maupun Batu.

Lokasi dari air terjun Coban Rondo dapat kita tempuh sekitar 1 jam dari kota Malang dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Air Terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 84 meter ini memiliki daya tarik yang luar biasa bagi para wisatawan yang berkunjung ke kota batu maupun Malang.

Air terjun Coban Rondo memiliki sebuah cerita legenda yang menarik.  Cerita tersebut dimulai dengan adanya pernikahan antara Dewi Anjarwati yang berasal dari daerah Gunung Kawi dengan seorang Pangeran yang bernama Baron Kusuma yang berasal dari gunung Anjasmoro. Pada saat usia dari pernikahan kedua mempelai tersebut sudah memasuki selapan atau sekitar 36 hari mereka hendak melakukan perjalanan ke Gunung Anjasmoro tempat asal pangeran Baron Kusuma.

Pada saat kuduanya sedang berada dalam perjalanan tiba-tiba munculah Joko Lelono yang entah berasal darimana. Karena Joko Lelono sudah terpikat akan kecantikan Dewi Anjarwati maka dia hendak merebutnya dari pangeran Baron Kusuma. Mengetahui hal tersebut Pangeran Baron Kusuma tidak tinggal diam sehingga perkelahian diantara keduanya tidak bisa dihindari lagi.
Sebelumnya pangeran Baron Kusuma sudah berpesan kepada para pengiringnya agar menyembunyikan Dewi Anjarwati disebuah tempat yang ada air terjunya atau coban. Karena kesaktian yang dimiliki oleh Pangeran Baron Kusuma dan Joko Lelono seimbang maka akhirnya keduanya sama-sama gugur.

Karena gugurnya pangeran Baron Kusuma maka Dewi Anjarwati akhirnya menjadi seorang janda atau dalam bahasa Jawanya di sebut Rondo. Karena itulah maka sampai sekarang air terjun tersebut dinamakan Air Terjun Coban Rondo. Banyak orang yang percaya bahwa jika anda datang ke air terjun ini bersama dengan pasangan anda maka suatu saat anda akan berpisah dengan pasangan anda tersebut, percaya atau tidak dengan mitos tersebut adalah keputusan anda, tapi yang jelas Coban Rondo memiliki keindahan yang sayang untuk dilewatkan jika anda sedang berkunjung ke Batu atau Malang.

No comments:

Post a Comment