Wednesday 24 October 2012

Pantai Kuta Lombok, Wisata Pantai Dan Upacara Unik Baru Nyale

backpacker-wisata.blogspot.com
Keindahan wisata pantai yang dimiliki oleh Pulau Lombok tidaklah kalah jika dibandingkan dengan pulau tetangganya yaitu pulau Bali. Jika kita selama ini mengenal nama pantai Kuta di Bali, kali ini kita akan sedikit membahas pantai yang merupakan daerah wisata yang ada di Lombok dengan nama yang sama dengan pantai terkenal di Bali yaitu Kuta.

Pantai Kuta Lombok merupakan sebuah wisata pantai yang terdapat di Desa Kuta. Desa tersebut berada pada bagian nselatan Pulau Lombok dengan dikelilingi oleh daerah perbukitan. Pantai ini mulai menjadi daerah tujuan wisata sejak berdirinya hotel-hotel yang ada disekitar pantai tersebut. Selain keindahan panorama yang ada pantai ini juga memiliki sebuah tradisi yang unik yang diadakan setiap satu tahun sekali, yaitu upacara Sasak.
backpacker-wisata.blogspot.com


Upacara adat tersebut disebut dengan nama upacara Baru Nyale. Uapacara tersebut merupakan sebuah upacara unik yang banyak menarik minat bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke pantai Kuta Lombok tersebut. Upacara Baru Nyale adalah sebuah upacara adat dimana para pelaut yang ada pada daerah sekitar pantai tersebut berlomba mencari cacing Nyale yang ada dilaut.

Berdasarkan legenda yang beredar pada jaman dahulu kala ada seorang putri yang sangat cantik yang bernama Putri Mandalika. Kecantikanya menarik hati banyak pangeran dan pemuda yang ingin mempersuntingnya. Karena sang putrid merasa bingung untuk menentukan pilihan maka dia terjun kelaut. Sebelum terjun kelaut sang putri berjanji bahwa dia akan kembali setiap setahun sekali. Rambut sang putri yangpanjang kemudian diyakini oleh masyarakat berubah menjadi cacing Yale yang banyak diperebutkan pada masa sekarang saat upacara Baru Nyale.

No comments:

Post a Comment